Bupati Padang Pariaman dan Mentawai Apresiasi Pelaksanaan TMMD ke-110

TMMD ke-110 resmi dibuka (foto : kominfo sumbar)

PADANG PARIAMAN – Wakil Bupati Padang Pariaman yang didampingi oleh Dandim 0308/Pariaman, melakukan pemukulan gong dan penandatanganan berita acara sebagai tanda dibukanya Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tahun 2021 di Kabupaten Padang Pariaman. Pembukaan ini dilangsungkan di Hall IKK Kantor Bupati Padang Pariaman, Selasa 2 Maret 2021.

Kegiatan TMMD kali ini, yang mengusung tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”, turut memberikan bantuan simbolis yang diserahkan kepada perwakilan dari Nagari Silabutan, Kecamatan Lubuk Alung, sebagai lokasi penyelenggaraan kegiatan. Sumber bantuan ini adalah kementerian, lembaga, dinas, instansi, dan BUMN di Sumatera Barat (Sumbar), beberapa diantaranya yaitu PT. Semen Padang, Bulog, dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumbar.

Dandim 0308/Pariaman, Letkol Czi. Titan Jatmiko, dalam laporannya menyampaikan bahwa lama penyelenggaraan TMMD adalah 30 hari. Sasaran fsik TMMD 110 diantaranya meliputi pembukaan jalan, pembuatan gorong-gorong, pembuatan jembatan, perbaikan rumah ibadah dan perbaikan rumah tidak layak huni. Serta pembuatan lapangan bola dan mortar saluran.

“Sedangkan sasaran non fisik berupa penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan, Kamtibmas, Hukum, Pertanian, Pelayanan KB, Kesehatan, Lingkungan Hidup, Kehutanan, Narkoba, dan Peternakan yang akan diisi oleh instansi terkait,” jelas Titan.

Ia menambahkan, jumlah personel yang diturunkan adalah sebanyak 110 orang. Jumlah ini berasal dari berbagai kesatuan dan 50 orang warga masyarakat.

Wakil Bupati Padang Pariaman, Rahmang, mengatakan TMMD merupakan wujud kemanunggalan antar berbagai pihak dalam membantu pemerintah daerah meningkatkan percepatan pembangunan, dan peningkatan wawasan dan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan fisik dan non fisik.

“Melalui TMMD inilah salah satu cara kita merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong royongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan kita. Terimakasih pada semua pihak yang telah mensukseskan, smoga hasilnya bisa melebihi target dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Rahmang.

Usai pembukaan, rombongan kemudian melakukan tinjauan ke lokasi TMMD di Korong Lipek Pageh – Gamaran, Nagari Silabutan, Kecamatan Lubuk Alung.

Disaat yang bersamaan, Pembukaan TMMD ke-110 di Kabupaten Kepulauan Mentawai juga turut dilaksanakan. Pembukaan ini bertempat di Aula Kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Tuapejat. Pembagian sembako secara simbolis juga dilakukan dalam pembukaan tersebut.  Penyerahan bantuan dilakukan Dinas Sosial Sumbar ke Dansatgas, untuk selanjutnya diserahkan ke warga Mentawai yang berhak mendapatkan.

Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet, menerangkan bahwa TMMD merupakan salah satu wujud operasi militer yang dilaksanakan melalui program lintas sektoral yang melibatkan TNI, kementerian, lembaga pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah serta seluruh elemen masyarakat.

“Selaku pimpinan daerah Kabupaten Mentawai saya patut bersyukur karena tujuan dilaksanakannya operasi TMMD ini adalah untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat sasaran fisik maupun nonfisik dan memantapkan TNI dan rakyat dalam rangka Wujud Sinergi Membangun Negeri,” imbuhnya.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.