28 Caleg di Sumbar Dicoret dari Pemilu 2019

PADANG, KABARSUMBAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menyatakan, jika ada 28 Calon Legislatif (Caleg) yang dicoret untuk Pemilu 2019.

Adapun ke-28 nya itu dicoret karena sejumlah alasan, mulai dari meninggal dunia, lulus CPNS hingga terjerat kasus asusila.

Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani menjabarkan, 28 Caleg yang dicoret itu terdiri dari 9 orang meninggal dunia, 16 orang tidak memenuhi syarat, dan 3 orang memperoleh keputusan pengadilan.

“Sampai hari ini, ada 28 Caleg itu dicoret, 9 meninggal dunia, 16 tidak lagi memenuhi syarat, umumnya keanggotannya dicabut oleh partai, didominasi CPNS, kemudian ada yang tersangkut kasus asusila. Kemudian, 3 orang memperoleh keputusan inkrah dari pengadilan,” katanya di Padang, Rabu 10 April 2019.

Untuk wilayahnya, kata Izwaryani, 2 orang merupakan Caleg Provinsi sedangkan 26-nya lagi merupakan Caleg pada tingkat Kabupaten dan Kota.

Walau sudah dicoret, nantinya, nama-nama 28 Caleg yang telah dicoret itu akan tetap ada dalam surat suara.

Namun, sebelum pencoblosan digelar, KPU akan meminta TPS untuk mengumumkan kepada masyarakat terkait hal tersebut.

Hal itu dilakukan agar masyarakat tahu, bahwa yang bersangkutan telah dicoret dari keikutsertaannya sebagai Caleg dalam Pemilu 2019.

“Jika masih ada pemilih yang memilih tersebut, maka suaranya tetap sah, namun menjadi suara bagi Partai Politik bersangkutan,” jelasnya.

Sekedar informasi, total Daftar Calon Tetap (DCT) pada Provinsi Sumatera Barat dan 19 Kabupaten dan Kota mencapai 8.579 orang.

BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...