Travel  

7 Makanan Lezat yang Hanya Bisa Dicicipi di Malaysia

Jakarta – Wisata kuliner adalah hobi menyenangkan yang membuat wawasan Anda tentang makanan semakin luas. Jika sudah cukup puas menjelajahi keunikan kuliner khas nusantara, tak ada salahnya bila Anda merencanakan wisata kuliner ke luar negeri. Salah satu negara tetangga yang tak boleh dilewatkan kalau ingin berwisata kuliner adalah Malaysia.

Perjalanan dari Jakarta ke Malaysia yang ditempuh dengan pesawat hanya butuh waktu 2,5 jam saja. Anda juga tak perlu bingung soal urusan tiket pesawat karena Anda dapat memesannya melalui Traveloka.

Online Travel Agent (OTA) terkemuka di tanah air ini telah menyiapkan sistem reservasi tiket pesawat yang praktis sehingga Anda dapat membeli tiket kapan saja dan di mana saja. Layanan berkualitas persembahan Traveloka akan membuat rencana perjalanan Anda siap direalisasikan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang Anda inginkan.

Saat berwisata kuliner ke Malaysia nanti, luangkan waktu Anda untuk mencari dan mencicipi beberapa makanan khas berikut ini:

Nasi Kerabu

Menikmati nasi lemak tentu sudah biasa karena makanan khas tersebut cukup populer di Indonesia. Namun, ada satu hidangan asli Malaysia yang tak kalah nikmat dibandingkan nasi lemak, yaitu nasi kerabu. Keunikan kuliner ini terletak pada warna nasi yang biru karena terbuat dari bahan dasar sari bunga telang. Biasanya nasi kerabu disajikan dengan sayur tauge dan serundeng kelapa. Selain itu, ada pula bahan pelengkap lainnya seperti ikan teri, telur rebus, jenis sayuran lain, dan saus yang terbuat dari fermentasi ikan.

Ayam Percik

Kalau Anda termasuk penyuka ayam bakar, jangan lewatkan sensasi ayam bakar khas Malaysia yang dikenal dengan nama ayam percik. Menu makanan ini terbuat dari ayam bakar yang diolesi campuran bumbu berupa santan, sambal pedas, bawang putih, dan saus jahe.

Aneka bumbu tersebut menghasilkan ayam bakar yang gurih dan terasa juicy sehingga membuat siapa pun yang mencicipinya jadi ketagihan.

Asam Laksa Penang

Malaysia juga punya hidangan istimewa berupa mi berkuah yang sangat terkenal, yaitu asam laksa penang. Seporsi asam laksa penang terdiri dari mi yang diberi kuah kaldu ikan.

Kuah kaldu tersebut dimasak dengan aneka jenis bahan seperti serai, cabai, asam, dan tulang ikan makarel agar rasanya semakin gurih. Biasanya asam laksa penang juga disajikan dengan beberapa bahan pelengkap seperti kucai, bawang goreng, irisan timun, dan irisan cabai. Hidangan hangat ini paling cocok disantap saat sarapan atau ketika cuaca dingin.

Nasi Kandar

Nama nasi kandar berasal dari istilah kandar yang berarti bahu. Dahulu, penjual nasi kandar menjajakan dagangannya dengan pikulan yang diletakkan di bahu. Sekarang, nasi kandar bisa ditemukan dengan mudah di berbagai restoran maupun food court di Malaysia.

Bila dilihat sekilas, nasi kandar sangat mirip dengan nasi Padang. Seporsi nasi disajikan dengan aneka lauk berbumbu serta sepotong okra. Perbedaannya terletak pada cita rasa lauk yang otentik ala Malaysia. Beberapa jenis lauk favorit untuk pelengkap nasi kandar antara lain, kari kepiting, ayam goreng madu, dan kari sotong.

Pasembur

Pasembur dikenal sebagai street food populer di Malaysia. Tampilannya sangat mirip dengan batagor tetapi bahan isiannya sangat berbeda. Seporsi pasembur terdiri dari aneka gorengan, seperti ikan, telur, sosis, kepiting, cumi-cumi, tahu, dan lainnya. Gorengan yang sudah dipilih dan dipotong-potong akan disiram bumbu berupa saus manis seperti rujak sebelum disajikan. Cita rasa pasembur dominan asam segar sehingga cocok disantap sebagai camilan.

Es Air Mata Kucing

Jalan-jalan ke Malaysia belum lengkap tanpa mencicipi es air mata kucing. Minuman dengan nama unik ini terbuat dari sari buah lo han kuo yang dimasak bersama gula batu dan buah kelengkeng. Selain memiliki rasa yang segar, es air mata kucing ternyata berkhasiat untuk membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Minuman istimewa ini sangat cocok disantap saat cuaca panas, khususnya ketika Anda sedang jalan-jalan menikmati suasana Malaysia.

Mee Goreng Mamak

Kalau Anda termasuk pencinta makanan berbahan dasar mi, Anda pasti menyukai makanan khas Malaysia yang bernama mee goreng mamak. Meskipun dibuat dengan resep yang sederhana, rasanya sangat nikmat dan disukai semua kalangan usia.

Mee goreng mamak terdiri dari bahan dasar berupa mi kuning yang dimasak bersama aneka bumbu dan bahan pelengkap seperti telur, irisan daging ayam atau sapi, dan tauge. Mi yang sudah dimasak sampai matang akan disajikan dengan irisan jeruk nipis dan potongan timun agar sensasi rasanya lebih segar.

Saat ini, mee goreng mamak sangat populer dan dijajakan di berbagai tempat, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran di Malaysia.

Ulasan seputar kuliner Malaysia ini tentu membuat Anda makin bersemangat liburan ke negeri jiran tersebut. Mari rencanakan perjalanan liburan secara matang agar Anda merasakan pengalaman seru tanpa menguras isi kantong.