Bawaslu Kabupaten Solok Ajak Masyarakat Awasi Pemilu

SOLOK, KABARSUMBAR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Solok mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam mengawal proses Pemilu serentak tahun 2019 mendatang.

“Partisipasi masyarakat dalam pemilu merupakan bentuk pengewajantahan dari kedaulatan rakyat,” ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Solok, Afri Memori disela sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019, Rabu (28/11/2018) di D’Relation kota solok.

Dikatakan Afri, perlu adanya kolaborasi yang kuat antara Bawaslu dan masyarakat dalam mengawal pesta demokrasi yang sudah didepan mata sehingga tercipta sebuah proses pemilu yang berkualitas.

Menurut Afri, dengan keterlibatan masyarakat secara aktif mengawal dan mengawasi pesta demokrasi juga akan turut mengikis potensi kecurangan.

“Yang jadi salah satu fokus perhatian kita (Bawaslu) adalah bagaimana membangun kesadaran politik masyarakat, jadi masyarakat terpanggil untuk aktif mengawasi Pemilu,” sebut Pria yang akrab disapa Mori itu.

Berbagai upaya sosialisasi terus dilakukan Bawaslu pada berbagai kalangan masyarakat, komunitas hingga organisasi. Dengan harapan, masyarakat juga semakin paham dengan aturan pemilu sehingga bisa mengetahui terjadinya pelanggaran.

Kalau hanya mengandalkan Bawaslu, maka efektivitas pengawasan akan rendah, apalagi, petugas yang melakukan pengawasan tingkat dikecamatan hingga nagari jumlahnya juga sangat terbatas.

“Pengawas kita di tingkat kecamatan hanya 3 orang dan tingkat nagari 1 orang,” tutupnya.

[Fernandez]

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.