BAZNAS Kota Solok Terima Penghargaan Indeks Kepatuhan Syariah dan Transparansi Dalam Pengelolaan ZIS

Solok Kota – Baznas Kota Solok Terima Penghargaan dalam HAB Kemenag ke-78
Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Barat memberikan apresiasi pada para pemenang berbagai lomba memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-78.
Salah satu penerima penghargaan Kanwil Kemenag Award Tahun 2024 adalah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Solok dalam kategori “Indeks Kepatuhan Syariah dan Transparansi dalam Pengelolaan ZIS”.
Ketua BAZNAS Kota Solok, H. Zaini mengatakan penghargaan yang diterima BAZNAS Kota Solok berdasarkan hasil audit syariah dari Kementerian Agama RI yang dilakukan pada bulan September 2023.
“Alhamdulillah, hasil dari audit syariah tersebut BAZNAS Kota Solok mendapatkan nilai dengan predikat “Baik”, dapat diartikan pengelolaan zakat infak sedekah (ZIS) yang dilakukan BAZNAS Kota Solok telah memenuhi unsur kepatuhan syari’ah dan transparansi,” ungkap H. Zaini usai penyerahan penghargaan pada acara tasyakuran menutup rangkaian peringatan HAB Kemenag ke-78 di Aula Amal Bakti 1, Kanwil Kemenag Sumbar, Kamis (11/1).
H. Zaini juga menambahkan bahwa tata kelola keuangan ZIS di BAZNAS Kota Solok selalu berpedoman kepada tiga azas, yaitu Aman Syar’i, Aman Regulasi dan Aman NKRI. Dengan pedoman tersebut BAZNAS Kota Solok mendapatkan prestasi Kemenag Award, dan pihaknya akan terus berusaha meningkatkan kinerja pengelolaan zakat sehingga dapat terus membantu program Pemko Solok untuk mengentaskan kemiskinan dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dan disiplin dalam mengelola dana ZIS.
Prestasi ini, lanjut Zaini juga tidak terlepas dari dukungan masyarakat Kota Solok terutama seluruh ASN Pemko Solok yang telah menyalurkan zakatnya melalui BAZNAS Kota Solok.
Jaga dan Rawat Kerukunan, untuk Indonesia Hebat Bersama Umat menjadi tema peringatan HAB ke-78 Kementerian Agama.

Kakanwil Kemenag Sumbar H. Mahyudin dalam sambutannya menatakan, memasuki usia ke-78, Kementerian Agama masih eksis untuk membangun kehidupan beragama di tengah-tengah masyarakat, banyak yang telah dilakukan Kementerian Agama sejak lahir, 3 Januari 1946 untuk kepentingan umat.
“Tasyakuran hari ini, bentuk syukur atas lahirnya Kementerian Agama, semoga Allah memberkahi kita” harapnya.
Selanjutnya Kakanwil mengajak jajaran kementerian Agama untuk terus meningkatkan kinerja, bersama-sama dengan umat untuk membangun Kementerian Agama lebih hebat pada masa yang akan datang.
Kegiatan tasyakuran dimeriahkan dengan penyerahan hadiah pada pemenang berbagai lomba HAB dan Kanwil Kemenag Award Tahun 2024 yang diserahkan pada ASN dan siswa berprestasi tingkat Nasional dan Internasional serta penandatanganan MoU antara Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dengan Badan Wakaf Indonesia.
Turut hadir pada acara tasyakuran Ketua DWP Ny. Hj. Rosnimar Mahyudin, Kabag TU, Kabid, Pembimas, Kakan kemenag Kab/Kota beserta istri, Katim, ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar, Kepala BDK Padang, UPT Asrama Haji Padang, UIN IB Padang, Ketua BWI, Ketua Ormas Keagamaan Islam, PPKA, Impinan Bank, serta penerima hadiah dan bingkisan Lomba HAB, serta penerima penghargaan dari ASN dan Siswa yang berprestasi tingkat Nasional dan Internasional.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.