Besok, Presiden Lantik Mahyeldi-Audy Jadi Gubernur Sumbar

  • Bagikan
Paslon Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansarullah dan Audy Joinaldy usai mendaftar ke KPU Sumbar, Jumat 4 September 2020. Foto : Topsatu

Padang – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan melantik pasangan Mahyeldi Ansarullah dan Audy Joinaldy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) di Istana Negara, Jakarta, Kamis 25 Februari 2021, pukul 09.00 WIB.

Kepala Biro Pemerintah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat Iqbal Ramadi mengatakan, jadwal ini mendadak berubah dari rencana sebelumnya.

Iqbal mengatakan, jika informasi pelantikan Gubernur Sumbar itu didapatkan pihaknya hari ini, Rabu 24 Februari 2021 pada pukul 10.00 WIB.

“Untuk pelantikannya besok di Istana Negara, kita tidak tahu juga alasannya mendadak. Namun, itu adalah perintah (Pemerintah) pusat, kewenangan dari Presiden, jika diperintahkan, kita laksanakan,” kata Iqbal di Padang, Rabu.

Baca Juga :  Gubernur Sumbar Harapkan Pilkada Dibiayai Pemerintah Pusat

Iqbal menjelaskan, tidak terdapat persiapan khusus dalam pelantikan tersebut. Pasalnya, pelantikan itu dilangsungkan di Jakarta.

“Kita (Pemprov Sumbar) hanya memberitahukan segera, kepada Gubernur dan Wakil Gubernur setelah, usai mendapatkan informasi dari pusat tersebut,” sebut Iqbal.

Satu hari sebelumnya, Selasa 23 Februari 2021, DPRD Sumatera Barat sendiri telah menetapkan Mahyeldi-Audy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih melalui rapat paripurna.

Dikesempatan itu, Pj Gubernur Sumbar Hamdani mengatakan, jika pelantikan terhadap Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih bakal dilangsungkan pada Maret 2021 mendatang.

Namun, rencana itu batal, karena adanya instruksi langsung dari Presiden Jokowi.

  • Bagikan