Buaya Muara Muncul di Kawasan SD 01 Bungus Selatan, BKSDA Pasang Papan Peringatan

Masyarakat laporkan kemunculan buaya muara berjemur dipinggir sungai di kawasan sungai yang berada di Kelurahan Bungus Selatan, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar).

PadangMasyarakat laporkan kemunculan buaya muara berjemur dipinggir sungai di kawasan sungai yang berada di Kelurahan Bungus Selatan, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar).

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar Ardi Andono mengatakan tim dari Resort Konservasi Wilayah Padang telah melakukan penanganan dengan memasang papan peringatan buaya di kawasan sungai pada, Selasa 28 Desember 2021.

“Pelapor bersama masyarakat lain melihat satwa buaya muara sedang berjemur dipinggir sungai,” katanya, Rabu 29 Desember 2021.

Sebelumnya masyarakat bernama Ucok Syafruddin yang juga sebagai petugas relawan Tagana didaerah Bungus, melaporkan kemunculan buaya di lokasi tersebut pada hari Jumat 24 Desember 2021 pukul 17.00 WIB.

Buaya sebelumnya dilaporkan muncul dekat dengan SD 01 di Kelurahan Bungus Selatan. Dikhawatirkan anak-anak SD bisa menjadi korban buaya muara karena bermain di sungai atau pergi buang air.

Menanggapi laporan itu, Tim RKW Padang kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada Pimpinan Seksi Wil II dan diperintahkan untuk melakukan pemasangan plang informasi atau peringatan.

Pemasangan papan informasi dilakukan karena wilayah tersebut merupakan habitat buaya. Menurutnya buaya tidak disarankan untuk di tangkap dan di pindahkan, karena lokasi mereka juga terbatas.

“Saran yang utama adalah menginfokan kepada masyarakat agar lebih hati hati dan waspada,” ujarnya.

Ardi menyampaikan dan mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dan mengurangi aktifitas disekitar sungai yang menjadi lokasi kemunculan satwa buaya muara tersebut.

“Tim RKW Padang telah melakukan pemasangan plang informasi bersama dengan pihak Kelurahan, Bhabinkamtibmas serta Masyarakat. Jadi ini sudah ditindak lanjuti,” ujarnya.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.