Bupati Pasbar Hadiri Rangkain Kegiatan AKAPSI dengan Menko Marves Bahas Soal Pupuk dan Sawit

Pasaman Barat – Kabupaten Pasaman Barat salah satu anggota Asosiasi Kabupaten Penghasil Kelapa Sawit (AKAPSI). Pengurus AKAPSI melakukan kunjungan ke kementerian Maritim dan Investasi yang diterima langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Jenderal TNI (Pur) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A, Ruang Kerja Menko Marves di Jakarta, Selasa, (14/06) Kemarin.

Kunjungan ini juga di hadiri oleh Muhammad Asri Anas Direktur Eksekutif AKAPSI, DR. Instiawati Ayus, SH, MH. Direktur Kajian, Hukum dan Advokasi, dan beberapa Bupati yang tergabung didalam Asosiasi Kabupaten Penghasil Kelapa Sawit (AKAPSI), Pj Bupati Kampar sendiri merupakan Sekretaris Jenderal AKAPSI yang di ketuai oleh Ketua Umum Pusat AKAPSI yang juga Bupati Seruyan Yulhaidir, Bupati Pasaman Barat H. Hamsuardi, S. Ag.

Dalam kunjungan itu AKAPSI dan berdiskusi terkait masa depan kelapa sawit di Indonesia, sekarang dilakukan penertiban dengan menurunkan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan RI mulai dari Perkebunan, Perusahan Sawit, Hak Guna Usaha, Produksi hingga sampai menjadi CPO.

Luhut Binsar Panjaitan yang juga merupakan Ketua Dewan Penasehat AKAPSI RI menyampaikan berapa point penting dalam menyikapi perkebunan sawit maupun terhadap harga sawit di masyarakat dan berharap harga di masyarakat berada pada level Rp 2.500.

“Termasuk pengaturan pupuk, sehingga pertanian itu terintegrasi antara Kementan. Subsisdi pupuk pemerintah dan dana desa maka akan di peroleh efisiensi, Cost akan turun, maka penjualan akan memberikan keuntungan kepada masyrakat ” Kata Menko Marves saat bincang dengan pengurus AKAPSI RI tersebut.