Bupati Solok Gusmal Lepas 5 Ribu Bibit Ikan di Danau Kembar

Arosuka – Sumatera Barat merupakan satu dari banyak provinsi di Indonesia yang dianugerahi danau-danau indah. Sebut saja, Danau Singkarak yang sudah sangat terkenal.Sumatera barat sebetulnya memiliki satu danau lain yang tak kalah dari danau-danau yang ada. Meski popularitasnya belum setenar Singkarak namun Danau Kembar diatas yang berada di Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok menyimpan banyak potensi.

Lokasi danau ini sangat strategis dan terletak di atas ketinggian sehingga udaranya sangat dingin. Danau Kembar Diatas menyajikan panorama yang indah, berlatar pegunungan yang dibalut kabut.potensi dari sektor perikanannya pun juga cukup baik.

Melihat potensi tersebut Pemerintah Kabupaten Solok mencoba untuk tetap melestarikan dan menjaga ekosistem Danau Kembar Diatas dengan melepaskan 5 Ribu bibit Ikan Nilem bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat.Bupati Solok Gusmal didampingi beberapa kepala OPD terkait melepas bibit ikan nilem di tepian Danau Kembar Diatas Sabtu 1 Februari 2020.

Gusmal mengatakan kita harus menjaga kelestarian potensi daerah kita terutama di daerah danau yang kita miliki,awasi kelestarian ikan yang ada di danau ini dan juga kegiatan-kegiatan yang nantinya mungkin akan merusak ekosistem di danau ini.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di sekitar danau ini yang nantinya bisa meningkatkan perekonomian dan gizi masyarakat sekitar, jaga, rawat dan pelihara bibit ikan yang sudah kita lepas ini,dan segera rancang peraturan nagari mengenai pengelolaan danau,” tutupnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Admaizon menuturkan bantuan benih ikan nilem sebanyak 5 ribu ekor dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera barat tersebut adalah tahap awal, bantuan ini akan berlanjut tergantung keseriusan kelompok masyarakat pengawas yang mengelolanya.

“Untuk saat ini sudah ada 6 kelompok masyarakat pengawas yang di sekitar Danau Kembar Diatas, optimalkan aktivitas positif di kawasan danau dan Pemerintah Kabupaten Solok akan terus lakukan pembinaan untuk kelompok masyarakat pengawas ke depannya,” ungkapnya.

Fernandez

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...