Cafe Boardgame Padang, Sediakan Banyak Mainan Bikin Lupa Waktu

PADANG, KABARSUMBAR – Mencari tempat ngumpul bersama orang terdekat tidak hanya sekedar soal makan, minum, ngobrol dan selfie saja. Pertama kalinya di kota Padang sejak Desember 2018 sebuah kafe mengusung konsep menyediakan permainan yang mengasah otak, saraf motorik dan sensorik atau yang dikenal Boardgame, membuat kumpulmu menjadi tidak kenal waktu bahkan lupa dengan gadget.

Tepatnya di Jalan Sei Bong Nomor 51 Pondok sebuah tempat nongkrong bernama Boardgame kafe hadir menjawab itu semua.

Berbagai cara dilakukan para pelaku bisnis khususnya kafe untuk meningkatkan daya tarik dan minat kalangan muda-mudi agar tidak bosan kembali berkunjung. Seperti mempunyai segudang permainan asik yang bikin acara hang-out makin seru.

Terinspirasi dari hal tersebut pemilik Boardgame, Widya pertama kali membukanya pada 2014, di Pekanbaru dan beberapa cabangnya di Jalan Riau dan di Jalan Mangga.

Awal buka itu kata Widya, tujuannya agar ada kafe yang mengedukasi di Pekanbaru. Karena tidak adanya tempat wisata alam seperti sawah, gunung, lautan, yang ada hanya diskotik, mall, cafe, billyar, club malam.

“Jadi tujuan anak muda hanya tempat-tempat hiburan seperti itu. Tentu hal tersebut tidak bagus untuk anak muda,” ujarnya.

Dikatakannya, hal tersebut juga dikarenakan generasi milenial saat ini tidak terlepas dari gadget dan Sosmed. Sehingga semakin berkurang interaksi sosial antar sesama.

“Kalau terus terkena paparan gadged dan Sosmed, rusaklah mental mereka, rata-rata individual yang ngafe selalu buka Hp, nggak ada interaksi sosial,” kata dia.

Hal itu membuat Widya terenyuh hatinya untuk membuka kafe ini dengan konsep berbeda yang benar-benar mengedukasi dan bermanfaat untuk anak muda.

Saat ini di tempatnya telah menyediakan sekitar 700-an boardgame yang bisa dimainkan pelanggan kafenya secara gratis.

“Boardgame permainan yang banyak dipakai sebagai sarana edukasi dan ketangkasan baik motorik, sensirik, audio, visual dan kinestetik di luar negeri. Makanya banyak juga bule-bule yang mampir ke sini. Kita juga ingin mengubah mindset mengenai kafe yang hanya sebagai tempat nongkrong menjadi sara tempat interaksi sosial dan edukasi,” jelas Widya.

Selain itu, Widya menambahkan desain Boardgame Kafe juga dibuat semilenial mungkin yang membuat anak muda betah berlama-lama di Boardgame Kafe.

“Untuk dekorasi kita ambil konsep Korea, di bagian samping ada gembok cinta, di depan ada space khusus untuk menempelkan sticky note jadi sasaran utama kita yang merupakan anak muda bisa lebih mengekspresikan diri mereka dengan positif di kafe ini. Asal jangan negatif, narkoba dan mabuk-mabukan gak boleh,” kata dia.

Menu yang ditawaran Boardgame kafe juga berbeda dari kafe-kafe lain dan harga yang ditawarkan juga terjangkau.

“Karena boardgame kafe bukan hanya untuk olahraga otak, badan tapi kita juga akan membuat lidah pelanggan bergoyang. Karena saya hobi masak, masakan dan minuman yang diracik sendiri jadi menu di kafe,” ujarnya.

Kafe ini juga menyediakan berbagai menu seperti seafood, makanan-makanan anti micin, minuman-minuman seperti boom shake, dan lain-lain dengan harga kisaran Rp 20 ribuan.

Ia berharap Boardgame Kafe ke depannya semakin banyak cabang lagi di Kota Padang dan kota-kota lainnya.

“Kami berharap Boardgame Kafe semakin banyak cabangnya, karena tujuan kita agar anak-anak muda generasi penerus bisa lebih positif, kreatif dan semakin baik interaksi sosialnya,” tutupnya.

(Putri Caprita)

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.