Cuaca Ekstrem Diprediksi Landa Sebagian Jabodetabek

  • Bagikan
Cuaca ekstrem berupa hujan deras diprediksi masih terjadi di Jabodetabek. Foto : Internet

JAKARTA – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memprediksi cuaca ekstrem berupa hujan lebat akan terjadi di wilayah DKI Jakarta pada 20 dan 21 Februari 2021. Cuaca ekstrem diperkirakan juga terjadi di Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Karawang.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya memprediksi intensitas hujan tinggi masih akan terjadi pada, Sabtu 20 Februari 2021.

BMKG lantas menjelaskan hal ini dikarenakan arah angin dari wilayah utara timur laut Indonesia bertiup menuju selatan dan berbelok ke arah timur di sekitar Pulau Jawa.

“Ada pula angin yang bertiup dari arah selatan ke barat laut yang berbelok ke arah timur di sekitar Pulau Jawa. Dua arah angin ini lalu membentuk awan yang menyebabkan hujan tinggi.” jelasnya.

Mengutip Facebook TMC Polda Metro Jaya, Sabtu 20 Februari 2021, cuaca ekstrem yang terjadi di DKI Jakarta dan sekitarnya memicu banjir setinggi 30 cm-50cm terjadi di Stasiun Tanjung Barat, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Banjir juga terjadi di KM 23 Tol Karawaci arah ke Merak. Kemudian, banjir setinggi 80 cm-90 cm terjadi di wilayah Poncol. Begitu juga dengan kawasan Jl Kebon Nanas Utara, Jakarta Timur yang ikut terendam banjir.

Lalu, banjir setinggi 30 cm-40 cm terjadi di Perumahan Tanjung Barat Indah, Jakarta Selatan dan juga banjir terjadi di KM 23 Tol Merak.

“Banjir di KM 23 Tol Merak semakin meninggi, sementara seluruh kendaraan yang dari Jakarta menuju Merah dialihkan ke Exit Toll Tangerang,” katanya.

Selanjutnya, banjir juga terjadi di beberapa wilayah lain, seperti TL Halim Lama Jalan DI Panjaitan, Jalan Pilar Raya Kebon Jeruk, Cipinang Melayu, dan Kelurahan Jati Padang.

  • Bagikan