Di Sirukam Kabupaten Solok, Ribuan Lalat Sasar Permukiman Warga

  • Bagikan

Solok Arosuka – Baru-baru ini sempat viral di media sosial, Masyarakat di Jorong Koto Tingga Nagari Sirukam Kecamatan Payung Sekaki Kabupaten Solok di resahkan akibat ribuan lalat yang menyerang permukiman warga, lalat-lalat tersebut masuk kedalam rumah dan menghinggapi makanan warga.

Junin warga jorong Koto Tingga menyampaikan serbuan lalat ini mulai terlihat pada saat lebaran kemaren yang membuat warga merasa resah dan jijik lantaran ribuan lalat tersebut tidak hanya masuk kedalam tempat tinggal mereka namun juga menghinggapi makanan yang ada didalam rumah-rumah warga tersebut.

“makanan kami terlihat menghitam akibat dikerubungi lalat-lalat tersebut, kami khawatir lalat yang banyak ini bisa berpotensi membahayakan kesehatan warga,”ungkap Junin.

Sementara Pemerintah Nagari Sirukam bersama unsur masyarakat di daerah telah melakukan upaya pencegahan dengan cara menurunkan Satuan Tugas (Satgas) yang terdiri dari unsur Pemuda Parik Nagari untuk memberikan pertolongan kepada warga yang terdampak serbuan lalat dengan cara memberikan obat pembunuh lalat tersebut.

Walinagari Sirukam Romi Febriandi saat ditemui menyampaikan terjadinya serbuan ribuan lalat tersebut disebabkan karena adanya lokasi peternakan ayam yang berada tidak jauh dari permukiman masyarakat.

“kejadian ini terjadi diduga karena faktor kondisi cuaca yang saat ini dalam musim hujan sehingga lalat-lalat tersebut dengan mudah berkembang biak dan diperparah dari pihak peternak kurang menjaga kebersihan kandang,” ujar Romi.

lebih lanjut Romi menuturkan setidaknya ada sekitar 700 warga di Jorong Koto Tingga yang terdampak langsung akibat dari kejadian tesebut, dan kami telah memangil para peternak ayam untuk duduk bersama dan membuat komitmen dalam menghadapi situasi ini agar nantinya tidak merugikan kepada masyarakat.

“Keberadaan lalat tesebut tentu meresahkan warga yang dapat mengancam kesehatan dan berbagai penyakit, namun saat ini keberadaan lalat sudah terlihat jauh bekurang dari hari-hari sebelumnya,” tutup Walinagari Sirukam.

  • Bagikan