Disparekraf : Pihak TdS Berikan Santunan Korban Tabrakan Di Etape V

Fhoto : Korban kecelakaan di etape V TdS 2018, mendapatkan bantuan pengobatan dan santunan berupa uang tunai. (Putri)
Fhoto : Korban kecelakaan di etape V TdS 2018, mendapatkan bantuan pengobatan dan santunan berupa uang tunai. (Putri)

PASAMAN, KABARSUMBAR.COM – Melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Sumatra Barat pihak panitia penyelenggaraan sport tourism Tour De Singkarak (TdS) 2018 memastikan akan memberikan santunan kepada dua orang korban yang terlibat kecelakaan dengan kendaraan operasional di etape V rute Limapuluh Kota-Pasaman.

Kabid Pemasaran Disparekraf Sumbar, Didit P Santoso menyebutkan, jika dua warga Jorong VI Batung Baririk, Nagari Tanjung Beringin, Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman atas nama Nurmiati (26) dan anaknya Kaila Pricilia (5) yang terlibat kecelakaan dengan kendaraan operasional TDS pada etape ke V, Kamis (08/11) siang mendapatkan bantuan pengobatan dan santunan berupa uang tunai.

“Bantuan itu merupakan bentuk tanggung jawab dari panitia penyelenggara. Karena sudah ada asuransi untuk peserta dan penonton TdS, untuk totalnya belum dikonfirmasi berapa pastinya,” ujarnya Didit P Santoso, Kamis (8/11/2018).

Dikatannya, dalam hal ini sama sekali tidak mempersoalkan siapa yang benar dan siapa yang salah dalam insiden tersebut. Intinya setiap insiden yang terjadi selama perlombaan semaksimal mungkin akan dicarikan solusinya.

“Iya, kami semua yang tanggung. Kemarin sudah ada kesepakan santunan antara korban, Walinagari setempat dengan kita,” ungkap Didit.

Penyerahan santunan sendiri kata Didit, sudah diserahkan pada Kamis (8/11) malam, sesuai dengan permintaan dari Walinagari, disaksikan langsung oleh Dinas Pariwisata setempat.

Untuk kondisi kedua Korban, Didit menjelaskan, berdasarkan hasil observasi dari Dokter Siska di RSUD Pasaman, Kedua korban tidak mengalami luka dalam, kondisi mereka aman. Bahkan, sudah diperbolehkan pulang.

Agar kejadian tersebut tidak terulang kembali didit menghimbau kepada seluruh warga yang ikut memeriahkan TdS 2018, agar dapat lebih berhati-hati. Terutama sekali, yang menonton di pinggir lintasan. Jika petugas yang berjaga disepanjang lintasan, belum mengizinkan warga melintas, sebaiknya di ikuti. Karena ini demi keselamatan semua.

Sebelumnya diketahui, sekitar pukul 14.00 WIB Mobil Official Tour de Singkarak (TdS) terlibat kecelakaan denga Dua warga atas nama Nurmiati (26) dan anaknya Kaila Pricilia (5), yang pada saat itu tengah menonton jalannya perlombaan.

Kedua korban, segera dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis.

Meski demikian, peristiwa itu tidak mengganggu jalannya perlombaan. Seluruh pembalap yang tersisa, mampu menyelesaikan rute dengan panjang lintasan 161.4 kilometer.(Putri Caprita)

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.