Distan Agam Salurkan 7.500 Bibit Manggis Bagi Petani

Bibit Batang Manggis
Bibit Batang Manggis.
Bibit Batang Manggis
Bibit Batang Manggis.

Dinas Pertanian Kabupaten Agam melakukan pengembangan tanaman Manggis seluas 50 hektar yang tersebar pada tiga Kecamatan.

“Seluas 50 hektar ini akan ditanam sebanyak 7.500 batang bibit manggis di Kecamatan Ampek Nagari, Palembayan, dan Kecamatan Malalak,” kata Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Arief Restu di Lubuk Basung, Kamis (2/11/2017).

Arief menjelaskan, pembagian 7.500 batang bibit manggis ini bertujuan dalam mendukung Kabupaten Agam sebagai salah satu sentral tanaman holtikultura di Sumatera Barat.

“Bibit ini disalurkan kepada delapan kelompok tani setelah melalui proses identifikasi calon petani dan calon lokasi yang ditetapkan melalui surat kepala dinas,” jelasnya.

Selain bibit, petani penerima manfaat ini akan dibantu sarana produksi seperti pupuk. Selain dapat meningkatkan ekonomi keluarga petani apabila telah diproduksi manggis juga dikenal merupakan tanaman yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

“Ini merupakan keseriusan pemerintah dalam mengembangkan buah lokal tetapi memiliki prospek yang cerah dari segi ekonomi bagi petani kedepan,” pungkasnya.