FAKTA Pasbar Wujudkan Petani Sejahtera

Foto : istimewa

Pasaman barat Dengan terbentuknya Forum Assosiasi Kelompok Tani (FAKTA) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Ketua FAKTA, Imam Jendri
berharap dapat wujudkan petani sejahtera dengan mengembangkan bioteknologi pertanian moderen sebagai sumber daya pembangunan Kabupaten Pasbar yang seimbang dan berkesinambungan.

“Forum Assosiasi Kelompok Tani (FAKTA) merupakan gabungan dari beberapa kelompok Tani yang ada di pasaman Barat,” Sebut Imam Jendri kepada Wartawan di Simpang Empat, Rabu 24 Maret 2021.

Lebih lanjut disampaikannya, dengan berdirinya FAKTA ini dapat untuk menghimpun dan mengkoordinasikan semua potensi pertanian serta mengembangkan bio teknologi pertanian moderen, sebagai sumberdaya pembangunan Pasbar yang se imbang, sekaligus juga sebagai penyambung aspirasi dan sebagai sumber informasi dari petani.

Menurut Imam Jendri, potensi hasil pertanian dan perkebunan di Kabupaten Pasbar sangat mempengaruhi kemajuan ekonomi dan pembangunan di Kabupaten Pasbar. Dengan pengembangan bio teknologi moderen tersebut, petani akan lebih sejahtera dan akan dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

“Petani adalah sumber kelangsungan kehidupan, petani yang sejahtera membawa keseimbangan kota dan desa, jika petani sukses, maka pejabat, pengusaha dan masyarakat juga akan menikmati hasilnya dengan baik dan kebersamaan,” ucapnya.

Di samping itu, Imam Jendri berharap kepada pemerintah, agar dapat mengatasi permasalah yang dirasakan oleh petani selama ini, terutama menyangkut ketersediaan pupuk, bibit dan pemasaran. Menurutnya, hal tersebut bisa di atasi dengan memberdayakan Perusahaan Daerah (Prusda) dan Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag).

“Badan usaha ini bisa dimanfaatkan untuk menampung atau menyalurkan hasil tani masyarakat, sehingga impian dan kesejahteraan yang di impikan masyarakat selama ini dapat terwujud” harap Imam Jendri mengakhiri.

Adapun susunan Formatur FAKTA Pasbar yaitu diketuai oleh, Imam Jendri, Sekretaris Khaidir Chandra dan Zulkan sebagai Bendahara dan dibentuk di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasbar, Selasa, 23 Maret 2021 dan dihadiri lebih 20 perwakilan Poktan di Kabupaten Pasbar.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.