FKS Bukittinggi Wadah Bagi Masyarakat Untuk Menyalurkan Aspirasi

  • Bagikan

Bukittinggi – Dengan berakhirnya masa kepengurusan Forum Kota Sehat (FKS) Kota Bukittinggi, periode 2018 – 2021, Wako Erman Safar lantik jajaran pengurus FKS Kota Bukittinggi periode 2021 – 2024. Acara pelantikan pengurus baru Forum Kota Sehat Kota Bukittinggi tersebut berlangsung di Hal Balai Kota Bukittinggi, Gulai Bancah. Kamis 29 April 2021.

Dalam laporannya di awal acara, Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Ismail dalam press release menyampaikan, pembentukan serta penetapan kepengurusan Forum Kota Sehat, merupakan pemenuhan terhadap amanat Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 dan Nomor 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat.

” Salah satu fungsi yang diemban Forum Kota Sehat adalah menjembatani masyarakat dengan pemerintah dalam pelaksanaan rencana kerja Gerakan Kota Sehat,” ujarnya.

Lebih lanjut Ismail mengatakan, susunan kepengurusan Forum Kota Sehat terdiri dari berbagai unsur, antara lain dari organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, pers dan lain sebagainya.

” Setelah beraudiensi dengan berbagai pihak, Ketua TP PKK Kota Bukittinggi, Ny. Fiona Erman Safar, dipilih sebagai Ketua Forum Kota Sehat Kota Bukittinggi periode 2021—2024,” jelas Plt Kadis Kesehatan ini.

Sementara Ny. Fiona Erman Safar dalam sambutannya setelah dilantik mengatakan, keberhasilan Forum Kota Sehat dapat tercapai dengan kerjasama yang solid dari para anggotanya dan dukungan dari Pemerintah Kota melalui OPD serta stake holder lainnya.

” Bersama kepengurusan yang baru, Ny. Fiona bertekad untuk mewujudkan kota Bukittinggi menjadi kota yang bersih, nyaman dan sehat,” terangnya.

Kemudian Wako Erman Safar dalam sambutannya juga menyampaikan, Forum Kota Sehat merupakan wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dan berpartisipasi untuk turut menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan di kota Bukittinggi yang mengintegrasikan berbagai aspek sehingga dapat mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni warganya. Pentingnya pengaturan serta edukasi yang berkesinambungan kepada masyarakat guna memenuhi standar kesehatan.

” Berikan peran aktif dan jadilah motor pengerak di tengah masyarakat untuk mewujudkan Bukittinggi sebagai kota sehat, terutama dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini,” terangnya.

Pihaknya berharap, semoga Bukittinggi dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih sebagai Kota Sehat dengan kategori tertinggi , yaitu SwastiSabaWistara I, yang diperoleh tahun 2019 lalu.

Berikut susunan kepengurusan Forum Kota Sehat Kota Bukittinggi periode 2021—2024, Fiona Erman Safar (Ketua), Ali Rahman, (Wakil Ketua), Fakhrur Arrazi, (Sekretaris), Yetti Herlina (Wakil Sekretaris), Siti Khadijah (Bendahara).

Pengurus inti juga dibantu oleh 12 orang Penanggung Jawab Tatanan, yaitu: Deny Calter, Syukra Alhamda, Metrison Muis, Asril, Persalide, Wedi Hamdani, M. Taufik Hidayat, Rinaldi, Syafril, Samsurijal, Asraferi Sabri.

Penulis: Edwar
  • Bagikan