Gara-gara Server, Bukalapak Tumbang

Laman depan situs Bukalapak
Laman depan situs Bukalapak.
Laman depan situs Bukalapak
Laman depan situs Bukalapak.

JAKARTA, KABARSUMBAR – Nasib sial dialami salah satu eCommerce terbesar di Indonesia, Bukalapak, Senin (28/5/2018). Bagaimana tidak, sejak pagi, situs maupun aplikasi dari Bukalapak tidak bisa diakses, lantaran ‘down’, alias tumbang.

Berdasarkan informasi dari sosial media, twitter, Bukalapak menjelaskan jika tumbangnya situs mereka lantaran ada masalah pada server. Diketahui, Bukalapak menggunakan server pihak kedua, bekerjasama dengan Biznet Data Center.

Saat mengunjungi situs mereka, tertulis permohonan maaf dari manajemen Bukalapak atas insiden tersebut.

“Mohon maaf, server sedang dalam perbaikan,” tulis Bukalapak dalam situsnya.

Tumbangnya situs kedua layanan belanja online ini dikeluhkan oleh pengguna internet. Melalui Twitter, pengguna mempertanyakan mempertanyakan situs tumbang hingga status transaksi yang masih menggantung.

Selain itu, dalam akun twitter @bukabantuan milik Bukalapak mereka menerangkan insiden yang menimpanya.

Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, saat ini sedang terjadi kendala pada sistem kami (maintenance). Terkait kendala ini sedang dalam penanganan tim terkait kami lebih lanjut, mohon menunggu dan silakan kamu melakukan percobaan secara berkala ya.

— BukaBantuan (@BukaBantuan) 28 Mei 2018

Hingga berita ini diturunkan, terpantau, jika baik situs maupun aplikasi Bukalapak belum dapat diakses oleh para pengguna.

Sementara itu, tak hanya Bukalapak, situs JD.ID juga tumbang bersamaan tadi pagi. Namun, sekitar pukul 13.00 WIB, JD.ID sudah berangsur pulih.