Gempa Kembali Guncang Sumbar, Ini Penjelasan BMKG

Gempa Jumat (22/6/2018)
Gempa Jumat (22/6/2018)
Gempa Jumat (22/6/2018)
Gempa Jumat (22/6/2018)

PADANG, KABARSUMBAR – Gempa cukup kuat kembali mengguncang Kota Padang, Jumat (22/6/2018) sekitar pukul 15.19 WIB.

Gempa tersebut diketahui berkekuatan 4,3 Skala Richter (SR) berpusat pada 63 kilometer Barat Daya Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar dengan kedalaman 10 kilometer.

“Jika dilihat dari peta tingkat guncangan (Shakemap BMKG) menunjukkan, jika guncangan gempa Mentawai ini dirasakan di daerah Tua Pejat dan kota Padang,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI, Rahmat Triyono.

Rahmat mengatkaan, gempa yang dirasakan sangat kuat pada wilayah Pesisir Selatan tersebut setara dengan skala 3 Modified Mercally Intensity (MMI).

“Atau gempa hanya dirasakan di dalam bangunan dan seakan-akan ada truk yang berlalu,” jelasnya.

Dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa tektonik yang mengguncang Mentawai termasuk klasifikasi gempa bumi dangkal yang terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indonesia-Australia kebawah lempeng Eurasia. Tepatnya pada zona Megathrust subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia, sebelah barat Sumatera.

“Konvergensi dua lempeng yang membentuk zona subduksi ini menjadi salah satu kawasan sumber gempa bumi yang sangat aktif di wilayah Sumatera. Hasil analisis, gempa dipicu penyesaran naik (Thrust Fault),” katanya.

Sampai saat ini, pihaknya belum menerima laporan dari dampak kerusakan akibat gempa. Hasil pemodelan juga menunjukkan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

[Putri Caprita]