Budaya  

Hampir Selalu Ada Disetiap Pernikahan Adat Minang, Berikut Makna Dari Tari Piring

Padang -Siapa yang tidak mengenal tari piring? Tarian yang bersemangat dengan lagu dengan instrumen khas Minang yang enerjik disertai dengan banyak pecahan piring dalam iringan tariannya, membuat siapapun yang menontonnya pasti akan sangat tertarik.

Biasanya dalam pelaksanaan pernikahan adat Minang, selalu diselipkan tari piring dalam salah satu rangkaian acaranya. Apa ya yang membuat tari piring ini begitu melekat pada pernikahan adat Minang?

Selain sebagai hiburan, tari piring dipercaya sebagai harapan agar kedua pengantin selalu bahagia dan harmonis dalam menjalani kehidupan setelah menikah. Tak hanya itu, penampilan tari piring pada acara pernikahan juga salah satu cara untuk menjaga kebudayaan agar tidak tergerus zaman yang semakin modern seperti saat ini.

Tari piring tentunya dilakukan oleh orang orang yang sudah ahli didalamnya, karena jika dilakukan oleh pemula dikhawatirkan akan membahayakan keselamatan penari tersebut.

Begitulah kurang lebih mengapa tari piring selalu ada dalam pernikahan Minang. Sudahkah kamu melihatnya? Jika belum apakah kamu tertarik melihat tarian unik ini?