Budaya  

Sering Digunakan Pengantin Perempuan Minang, Inilah Fakta Unik Suntiang!

Suntiang merupakan perhiasan yang diletakkan diatas kepala pengantin perempuan ketika menikah. Ada banyak fakta fakta unik lho, penasaran? Yuk simak pembahasannya

1.Suntiang lumayan berat, sekitar 3,5-5 kg

Suntiang biasanya dipakai minimal 2 jam saat proses pernikahan dan banyak pengantin wanita yang merasa keberatan jika memakainya terlalu. Akan tetapi dalam menanggulangi hal tersebut, ada beberapa suntiang yang sudah dimodifikasi agar tetap nyaman dipakai.

2.Suntiang memiliki ukuran besar dan kecil

Suntiang yang besar biasa disebut dengan suntiang gadang, sedangkan suntiang kecil biasa disebut suntiang ketek. Ukurannya pun beragam, suntiang ketek biasanya 3-5 tingkatan, sedangkan suntiang gadang biasanya 7-11 tingkatan.

3. Jenis suntiang

Bentuk suntiang beragam tergantung daerah masing masing masing, seperti suntiang Solok berbeda dengan suntiang Pariaman, begitupun daerah daerah lain di tanah Minang.

 

Begitulah kurang lebih fakta unik suntiang Minang. Bentuknya yang anggun membuat banyak wanita Minang memilihnya untuk menjadi perhiasan di hari bahagianya. Bagaimana denganmu? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?