Hormati Transparansi, DPRD Kota Solok Dukung Hak Angket

Solok Kota – Paripurna DPRD Kota Solok memutuskan akan melanjutkan proses hak angket terkait penyempurnaan APBD Kota Solok 2022.

Hak Angket disebut juga sebagai hak penyelidikan, karena hak ini memang dimiliki oleh DPR untuk menyelidiki sesuatu yang lazimnya terkait dengan hal-hal yang terkait dengan masalah keuangan yang menjadi kebijakan Pemerintah.

Bertempat disalah satu ruang sidang DPRD Kota Solok, pimpinan DPRD Kota Solok menggelar Konferensi Pers, Selasa, (8/2).

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Nurnisma bersama Wakil ketua Efriyon Coneng dan Wakil Ketua Bayu Kharisma, terlihat juga Ketua Badan Kehormatan DPRD Deni Nofri.

Konferensi Pers tersebut membahas terkait Paripurna hak angket yang dilaksanakan sehari sebelumnya.

Ketua DPRD Kota Solok Nurnisma mengatakan hasil dari Paripurna tersebut memutuskan DPRD Kota Solok mendukung digelarnya hak angket.

Lebih lanjut Nurnisma menyampaikan bahwa hasil sidang paripurna Hak angket tersebut juga memutuskan Wakil Ketua DPRD Kota Solok Efriyon Coneng sebagai juru bicara resmi terkait hak angket yang akan bergulir.

Efriyon Coneng mengungkapkan bahwa hak angket tersebut di usung oleh 2 dari 3 fraksi yang ada di DPRD Kota Solok.

“Hak angket adalah hak anggota DPRD yang dijamin undang undang, dan ini bukanlah momok yang menakutkan sebenarnya,”ujar Efriyon.

Lebih lanjut Efriyon Coneng menjelaskan seminggu kedepan akan membentuk struktur panitia hak angket agar bisa bekerja 60 hari kedepan.

“Ini merupakan tanggung jawab anggota DPRD yang dipilih masyarakat, agar tidak diasumsikan negatif dan diproses terang benderang,”pungkas Efriyon.

Senada dengan hal itu, Wakil Ketua DPRD Bayu Kharisma menambahkan dengan bergulirnya hak angket ini bisa menjadi edukasi politik bagi semua elemen masyarakat.

“Mari kita kawal hak angket ini bersama sama, dan situasi dan kondisi antara legislatif dan eksekutif tetap harmonis hendaknya,”ucap Bayu Kharisma.