Ini Penyebab Lion Air JT-145 Tujuan Batam Putar Balik ke Bandara Minangkabau

Pesawat Lion Air PK-LQR terparkir di stand 5 Bandara Minangkabau, Padang Pariaman. Foto : Istimewa
Pesawat Lion Air PK-LQR terparkir di stand 5 Bandara Minangkabau, Padang Pariaman. Foto : Istimewa

Padang – Manajemen Lion Air Group menyatakan jika penerbangan JT-145 dari Bandara Minangkabau menuju Bandara Hang Nadim, Batam secara operasional sudah disiapkan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Sebelumnya, penerbangan JT-145 itu, hari ini, Senin (13/12) Return to Base atau kembali ke Bandara asal karena masalah teknis.

Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Priahantoro mengatakan, jika penerbangan menggunakan pesawat Boeing 737-900ER dengan nomor registrasi PK-LQR dengan membawa tujuh awak pesawat dan 196 penumpang.

“Sebelum keberangkatan, awak pesawat dan teknisi sudah melakukan pemeriksaan pada armada tersebut atau Pre Flight Check, dan dinyatakan layak serta aman untuk dioperasikan atau Airworthy for Flight,” kata Danang dalam siaran pers yang diterima, Senin (13/12) malam.

Dia menyebutkan, pesawat lepas landas pada pukul 13.53 WIB, dan dijadwalkan tiba pada pukul 14.55 WIB di Bandara Hang Nadim, Batam.

“Setelah (kurang lebih) 15 menit mengudara, pilot memutuskan untuk kembali (Return to Base) ke Bandara Minangkabau, karena salah satu indikator pada kokpit yakni pengatur tekanan udara dalam kabin pesawat terindikasi gangguan. Keputusan pilot sudah tepat, guna memastikan aspek kesalamatan, dan keamanan penerbangan, masker oksigen diturunkan untuk dipergunakan kepada penumpang,” jelas Danang.

Pesawat PK-LQR itu sendiri mendarat pada pukul 14.40 WIB dengan selamat. “Setelah parkir, penumpang diarahkan untuk turun, dan menuju ruang tunggu,” kata Danang.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan pemeriksaan, guna mengetahui penyebab hingga memperoleh rekomendasi operasional.

“Lion Air memberikan kompensasi delay, sebagaimana ketentuan yang berlaku. Atas nama Lion air, kami memohon maaf ketidaknyamanan ini,” sebut Danang.

Sementara itu, Humas PT Angkasa Pura II Bandara Minangkabau Fendrick Sondra menyebutkan, penumpang sudah diberangkatkan kembali dengan pesawat pengganti dari Lion Air Boeing 737-900ER dengan nomor registrasi PK-LHK pada pukul 18.43 WIB.

“Untuk penumpang sudah diterbangkan kembali dengan pesawat pengganti dan sudah mendarat dengan selamat di Bandara Hang Nadim, Batam pada pukul 19.36 WIB,” kata Fendrick.