Irdinansyah Tarmizi : Penandatanganan Kinerja ASN, Jangan Bersifat Administrasi Saja

TANAH DATAR, KABARSUMBAR – Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengatakan penandatanganan kinerja organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan pemerintah daerah jangan hanya bersifat administrasi saja.

Hal itu disampaikannya saat acara penandatanganan kinerja 2019 seluruh OPD dengan pemkab Tanah Datar, Senin (18/02) di Gedung Indo Jolito Batusangkar.

“Kami minta kepada seluruh OPD lebih fokus dalam menjalankan seluruh program prioritas kabupaten Tanah Datar, guna mencapai tujuan pemerintah daerah yang sudah dituangkan dalam RPJMD tahun 2016-2021,” kata Irdinansyah.

Bupati juga ingatkan, kepada seluruh pimpinan OPD, Akuntabilitas tidak terbatas hanya pada pertanggungjawaban keuangan saja, namun yang lebih penting yaitu pertangungjawaban non-keuangan, seperti kinerja yang berupa output bahkan outcome atau bonefit yang akan dicapai oleh suatu program/ kegiatan sesuai visi dan misi organisasi dan memberikan dampak serta manfaat bagi masyarakat.

Sementara itu Ketua Pelaksana Kepala Bagian Organisasi Setda Tanah Datar Adryanti Rustam mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk mengimplementasikan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) nomor 53 tahun 2014 tentang petunjuk teknis perjanjian kinerja, pelaporan kinerja dan tata cara laporan kinerja instansi pemerintah.

Adryanti menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk melaksanakan program dan kegiatan yang di sertai dengan indicator kinerja dan target kinerja yang akan dilaksanakan satu tahun, sehingga semua kinerja yang dilaksanakan menjadi terukur dan dapat dipertanggung jawabkan oleh OPD terkait.

“Dokumen yang telah ditanda tangani ini akan diserahkan ke Kemen PAN-RB bersama dengan laporan kinerja instansi pemerintah kabupaten Tanah Datar,” tutur mantan Kabag Humas Setda Tanah Datar itu.

Penandatanganan perjanjian kinerja ini dihadiri oleh seluruh OPD daerah, dan disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Zuldafri Darma, Sekretaris Daerah Hardiman, Kepala Badan dan Camat se- Kabupaten Tanah Datar.(Ddy)

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...