Kader Posyandu Mawar IV Nagari Sunuruik Raih Juara 2 Tingkat Sumbar

Kabarsumbar.com – Ketua TP PKK Pasaman Barat (Pasbar), Ny. Titi Hamsuardi dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Pasbar, Randy Hendrawan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Lomba Kader Posyandu Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), sehingga Kader Posyandu Mawar IV Nagari Sunuruik Kecamatan Talamau, Sisri Oknasa Putri berhasil meraih juara 2. Hal ini ditetapkan sesuai dengan Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor 411.4 – 713 – 2022 tanggal 28 September 2022.

Menurut Ketua PKK Pasbar Ny. Titi Hamsuardi, kader Posyandu memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan serta perkembangan ibu hamil dan balita. Karena kader Posyandu berperan melakukan pendaftaran, yang meliputi pendaftaran balita, ibu hamil (Bumil), ibu nifas, ibu menyusui, dan sasaran lainnya.

“Kader Posyandu juga memiliki peran melakukan pelayanan kesehatan ibu dan anak. Untuk pelayanan kesehatan anak pada Posyandu, dilakukan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar kepala anak, deteksi perkembangan anak, pemantauan status imunisasi anak, pemantauan terhadap tindakan orang tua tentang pola asuh yang dilakukan pada anak, pemantauan yang berkaitan dengan permasalahan balita, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Ia menyebutkan, dengan ditetapkannya Kader Posyandu Mawar IV Nagari Sunuruik atas nama Sisri Oknasa Putri sebagai juara 2, diharapkan bisa menjadi motivasi bagi kader Posyandu lainnya di Pasbar untuk melakukan yang terbaik. Bukan itu saja, kader Posyandu harus memiliki semangat yang kuat untuk mengajak orang tua agar datang ke Posyandu.

“Makanya saya sebagai Ketua TP PKK Pasbar mengapresiasi kerja kader Posyandu yang selama ini selalu semangat mencapai target, mengajak orang tua membawa anaknya ke Posyandu,” kata Ny. Titi Hamsuardi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Pasbar, Randy Hendrawan menyampaikan bahwa tujuan diadakannya lomba adalah untuk meningkatkan fungsi dan kinerja Posyandu, serta meningkatkan kualitas dan kemampuan kader Posyandu dalam pengelolaan dan pelayanan di Posyandu.

“Alhamdulillah, lomba Kader Posyandu Kabupaten Pasaman Barat mendapatkan juara 2 tingkat Provinsi Sumatera Barat dari 19 Kabupaten/Kota se-Sumbar,” katanya.
Ia menambahkan pencapaian tersebut akan menjadi motivasi bagi pihaknya untuk terus berbenah agar di tahun yang akan datang bisa meraih peringkat I tingkat Sumbar.

“Kita akan jadikan pencapaian kali ini untuk terus maju dan berbenah agar bagaimana di tahun mendatang Pasbar dapat menjadi pemenang I tingkat Provinsi Sumbar dan mewakili Sumbar ke tingkat Nasional. Hal tersebut akan meningkatkan motivasi, kinerja dan wawasan serta mempelajari kegiatan Posyandu dan Program Pembangunan Masyarakat di Posyandu Terbaik Tingkat Nasional, yang direncanakan akan dilaksanakan pada minggu kedua November 2022 mendatang,” katanya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh kader Posyandu Pasbar atas kerjasamanya dan semangatnya sehingga membuahkan hasil yang membanggakan Kabupaten Pasaman Barat.