Kembangkan Nagari Salayo Menjadi Nagari Wisata Budaya

Tim dari Unand meninjau Nagari Salayo, Kabupaten Solok
Tim dari Unand meninjau Nagari Salayo, Kabupaten Solok
Tim dari Unand meninjau Nagari Salayo, Kabupaten Solok
Tim dari Unand meninjau Nagari Salayo, Kabupaten Solok

SOLOK, KABARSUMBAR – Tim Pengabdian Masyarakat PPDM Universitas Andalas yang terdiri dari DR Dodi Devianto, DR Sari Lenggogeni dan DR Sri Maryati bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Solok, mengembangkan Nagari Salayo sebagai Nagari Wisata Budaya.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini direncanakan akan dilaksanakan dalam jangka waktu tiga tahun, pada tahun pertama ini kegiatan difokuskan pada pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Carano. Untuk itu, telah dilakukan pelatihan motivasi dan kewirausahaan serta pendampingan pembuatan perencanaan usaha.

Adapun usaha yang akan dikembangkan adalah usaha ekonomi kreatif berbasis budaya dan sumberdaya lokal, dengan membentuk 4 (empat) kelompok bidang usaha yaitu kuliner, kerajinan dan fashion, pertunjukan dan iven, fotografi dan periklanan.

Diharapkan pada tahun kedua usaha ini sudah mulai dijalankan dengan membuat dan menawarkan berbagai paket wisata budaya di Nagari Salayo.

Dengan pendampingan dan dukungan penuh Pemerintah Daerah berserta para senator seperti Novi Candra, Sutan Bahri dan Dendi, tentunya tujuan kegiatan pengabdian masyarakat menjadikan Nagari Salayo sebagai nagari wisata budaya akan terwujud.

Sejalan dengan itu sejarah Minangkabau, khususnya tentang Datuak Parpatiah nan Sabatang akan semakin dikenal dan dipahami secara lebih luas.

Untuk lebih memotivasi semangat wirausaha dan krativitas anggota Pokdarwis Carano akan diadakan studi tiru ke Kabupaten Pelalawan yang memiliki desa krative terbaik secara nasional. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tgl 23-26 September mendatang.

Di sini diharapkan perserta akan dapat mempelajari bagaimana menjadi pelaku usaha wisata lansung dari para pelaku usaha di kawasan ini. Kegiatan studi tiru ini akan dipandu lansung oleh Tim Pengabdian dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok, Yandra Prasat.

(Rel/Hijrah Adi Sukrial)

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.