Ketua KI Sumbar Apresiasi Rumah DataKU di Kampung KB Koto Katik

PADANG PANJANG, KABARSUMBAR – Ketua Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat Adrian Tuswandi mengapresiasi terobosan dari pajangan berbagai macam data yang disajikan di Kampung KB Kota Katik, Kota Padang Panjang.

Adrian menyebut, jika Rumah DataKU Kampung KB Koto Katik telah memenuhi hak masyarakat, guna mengetahui berbagai jenis informasi, dan data tentang daerahnya.

“Ini luar biasa. Rumah DataKU sudah sejalan dengan program Komisi Informasi mengaplikasikan apa yang diinginkan UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” kata Adrian saat kunjungan ke lokasi tersebut, Sabtu 20 Juli 2019.

Adrian mengatakan, data yang dipajang dalam menarik, karena menggambarkan bagaimana kondisi sosial kemasyarakatan itu sendiri.

Sehingga, sebut Adrian, terobosan ini akan memudahkan dalam melakukan intervensi positif bagi pengambil kebijakan.

“Ini namanya data fisik, memudahkan dalam mengakses informasi. Dan secara online juga bisa diakses oleh siapa saja dan di mana saja. Hal ini yang membuat saya takjub,” katanya.

Sementara itu, Penyuluh KB Pembina Wilayah Koto Katik, Maryulus Max mengakatan, selain melalui papan informasi data itu, masyarakat juga dapat mengakses melalui laman website www.kampungkb.bkkbn.go.id/profile/1244.

Dikatakan Max, pada laman wesite itu berisi basis data KB dan intervensi kegiatan yang setiap selalu diperbaharui.

Selain penyuguhan data dan informasi, disana juga terdapata Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sahabat Lapiak untuk mendukung gerakan literasi.

Kedepan, KI Sumbar sendiri berencana akan mensinkronkan kegiatan keterbukaan informasi dengan program KKBPK yang dikelola oleh BKKBN.

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...