Komunikasi Dalam Perusahaan, Pentingkah?

sumber:pinterest:"freepik"

Dalam dunia kerja, komunikasi justru menjadi salah satu hal utama yang diperhatikan, baik ketika mendapati posisi atas maupun bawah, agar visi-misi dan image yang baik suatu instansi pekerjaan dapat terjaga. Termasuk saat menjalani sebuah perusahaan, komunikasi juga berperan agar suatu perusahaan dapat berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.
Menurut Cees van Riel dan Charles Fombrun dalam Essentials Corporate Communication, komunikasi perusahaan diartikan sebagai serangkaian kegiatan dalam pengelolaan dan pengaturan segala komunikasi internal dan eksternal yang ditujukan untuk menciptakan titik awal yang menguntungkan dengan para pemilik kepentingan, tempat dimana perusahaan bergantung.
Dan pentingnya komunikasi dalam menjalankan sebuah perusahaan adalah dengan komunikasi yang baik dan sehat. Dimana arah komunikasi perusahaan terbagi atas tiga , yaitu internal perusahaan secara vertikal (direktur-karyawan), horizontal (karyawan-karyawan), serta eksternal perusahaan.

Pentingnya Komunikasi Internal Perusahaan
Terjaganya komunikasi yang baik pada internal perusahaan merupakan sebuah langkah awal bagi perusahaan agar dapat lebih maju dan baik dalam menjalankan fungsinya sesuai dengan tujuan-tujuan perusahaan. Pentingnya komunikasi internal secara vertikal dalam perusahaan sebagai berikut, seorang direktur dapat memberikan arahan-arahan dan masukan ketika mengetahui permasalahan yang didapati setiap karyawannya, adanya persediaan informasi yang banyak dari atasan, karyawan merasa dilibatkan peranannya dalam perusahaan, serta dapat menyatukan segala posisi dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi perusahaan secara Bersama.
Lalu beberapa manfaat pentingnya komunikasi internal perusahaan secara horizontal yaitu, untuk mempermudah pemecahan masalah, memperoleh pemahaman dan kesesuaian bersama, mengkoordinasikan penugasan kerja, berbagi informasi antar sesama, mendamaikan dan menengahi perbedaan, serta dapat menumbuhkan hubungan secara personal.

Pentingnya Komunikasi Eksternal Perusahaan
Adapun komunikasi eksternal yang dilakukan perusahaan kepada pihak diluar perusahaan. Pentingnya bagi sebuah perusahaan adalah, dapat membangun persepsi publik yang baik jika barang yang ditawarkan terdapat benefit yang menguntungkan, dapat menjangkau klien lebih banyak, dapat berkoordinasi dengan berbagai perusahaan, menjaga kepuasan para pemegang saham dan pemerintah, serta dapat menyempurnakan profil dari perusahaan itu sendiri. Komunikasi eksternal perusahaan itu sendiri juga merupakan sebuah strategi perusahaan dalam menjaga hubungan terhadap instansi lain dan menarik perhatian publik dengan tujuannya untuk meraih keuntungan bagi perusahaan itu sendiri.

Nurul Muthmainnah