KONI Agam Syaratkan Atlet Porprov Harus Miliki Piagam Kejuaraan

Ilustrasi.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Agam mensyaratkan para atletnya harus memiliki piagam prestasi kejuaraan tingkat Kabupaten untuk mengikuti gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XV di Kabupaten Padang Pariaman, tahun 2018.

“Atlet yang akan mewakili daerah nanti, diprioritaskan bagi yang berprestasi pada kejuaraan daerah. Untuk itu, kita menghimbau Pengcab untuk menggelar kejuaraan,” ujar Ketua KONI Kabupaten Agam, Andri Tanjung di Lubuk Basung, Senin (18/9/2017).

Andri menyebut dari 30 cabor yang ada, baru 15 yang sudah menggelar kejuaraan guna mencari bibit untuk Porprov tersebut, Sedangkan, 15 cabor lainnya sedang melakukan persiapan dan kemungkinan kejuaraan itu diadakan menjelang akhir tahun 2017.

“Bagi atlet yang meraih prestasi, mereka akan dibina cabor masing-masing menjelang pelaksanaan Porprov,” sebut Andri.

Tak hanya mengirim atlet berprestasi tingkat daerah, KONI Agam juga mengirim atlet berprestasi pada Porprov XIV di Padang pada 2016. Kemudian, atlet yang membela Sumatera Barat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) di Jawa Barat.

“Mereka kita utamakan saat Porprov nanti, agar perolehan medali Agam meningkat dari tahun sebelumnya. Di mana pada Porprov XIV, Agam berada peringkat tiga, dengan perolehan medali emas 54 keping, perak 50 keping, dan perunggu 59 keping,” kata Andri.

Sedangkan pada Porprov XIII di Dharmasraya pada 2014, Kabupaten Agam memperoleh medali emas sebanyak 46 keping, medali perak 45 keping, dan medali perunggu 59 keping.

“Peringkat, dan perolehan medali Agam meningkat setiap event dua tahunan itu, dan pada Porprov XV nanti, kita menargetkan peringkat dua,” sebut Andri.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam, Zufren menambahkan, pihaknya telah menyalurkan uang pembinaan kepada 150 atlet. Dana sebesar Rp150 juta itu berasal dari APBD Kabupaten Agam pada tahun 2017.

“Atlet yang mendapatkan uang pembinaan tersebut, adalah atlet berprestasi pada 2016 sampai 2017, dan ini untuk memperkuat Agam saat Porprov XV di Padang Pariaman pada 2018,” kata Zufren.

Kata Zufren, bantuan itu bagian dari upaya mendorong prestasi para atlet dan diharapkan atlet Kabupaten Agam bisa mengembangkan serta lebih mengasah kemampuannya.

Loading...
KPU HIMBAUAN
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...