KPU Sumbar Kaji Rekomendasi Bawaslu Soal PSU

PADANG, KABARSUMBAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat membenarkan jika ada rekomendasi dari Bawaslu Sumbar terhadap sejumlah TPS, agar dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Ketua KPU Sumatera Barat, Amnasmen mengatakan, jika pihaknya telah mendapat informasi dan rekomendasi dari Bawaslu Sumbar tersebut.

“Rekomendasi terkait PSU dari Bawaslu, KPU akan mengkaji terlebih dahulu dan akan dihubungkan dengan ketentuan tentang menyangkut bisa atau tidaknya pelaksanaan PSU pada suatu TPS yang diprediksi Bawaslu berpotensi PSU,” kata Amnasmen di Padang, Jumat 19 April 2019.

Ditambahkan Amnasmen, sesuai dengan ketentuan 372 Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 Tentang Pemilu, ada sejumlah hal atau unsur yang perlu dikaji, serta dicermati ulang terhadap terpenuhi atau tidaknya pelaksanaan PSU pada suatu TPS.

“Salah satu unsur yang bisa dilakukan PSU misalnya pemilih yang memilih pada suatu TPS itu adalah pemilih yang tidak memiliki identitas baik itu e-KTP, form C6 atau pun form A5. Itu baru bisa dilakukan PSU,” jelas Amnasmen.

Selain itu, terkait terkait rekomendasi Bawaslu terhadap sebagian besar menyangkut adanya pemilih yang gunakan e-KTP tanpa ada form C6 maupun form A5, KPU Sumbar sendiri mengaku akan mengkaji ulang.

“Sesungguhnya pemilih itu tidak berhak memilih di TPS terkait, Ini kan pemilih yang salah TPS sebetulnya. Ini perlu dikaji ulang,” pungkasnya.

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...