KPU Tanah Datar Temukan 3.856 Lembar Surat Suara DPD Dan DPR RI Rusak

TANAH DATAR, KABARSUMBAR – Setelah dua hari, melakukan proses penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Datar menemukan sekitar 3.856 surat suara yang rusak.

“Sejak hari Kamis (07/03) lalu KPU telah selesai melakukan proses pelipatan surat suara, untuk DPD RI dan DPR RI, ada 3.856 surat suara yang rusak. Sebanyak 3.087 lembar surat suara DPD RI dan 769 lembar untuk DPR RI,” ucap Ketua KPU Tanah Datar Fahrul Rozi , Sabtu (09/03) di Batusangkar.

Katanya, sebanyak 200 tenaga pelipat dikerahkan KPU di aula BPCB wilayah Sumbar Riau Jambi untuk melakukan proses pelipatan surat suara. Dan hingga tanggal 14 Maret 2019 mendatang akan dilakukan proses pelipatan surat suara untuk DPRD Provinsi Dapil 6, Kabupaten/Kota dan surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden.

“Hasil rekapitulasi kerusakan surat suara tersebut, untuk surat suara DPD RI kita masih kurang sekitar 5200 surat suara jika DPT ditambahkan 2% dari 282.201 DPT. Kerusakan yang ditemui itu cukup beragam, ada robek, bercak tinta yang berlebih, nomor urut yang tidak jelas, dan ini kita temukan pada suara DPD RI khusus nomor urut 30,” ujar Fahrul Rozi.

Ia menambahkan jika sejauh ini proses penyortian dan pelipatan surat suara tidak menemui kendala yang berarti, hanya saja masalah tempat yang kurang luas, namun hal ini dapat di tangulangi oleh penyelenggara pemilu.

KPU sendiri kata Fahrul Rozi menargetkan proses penyortiran dan pelipatan surat suara itu akan rampung pada tanggal 14 maret mendatang. (Ddy)

BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...