Sumarak Anak Nagari Wadah Pelaku Seni Kota Solok

 

SOLOK, KABARSUMBAR – Wakil Wali Kota Solok Reinier, membuka kegiatan pentas seni budaya Sumarak Anak Nagari Tahun 2019, bertempat di Halaman Rumah Gadang Simpang Denpal Kota Solok, Sabtu (9/3).

Ketua Panitia Pelaksana Elvi Basri dalam laporannya menyebutkan, kegiatan budaya yang telah diadakan rutin setiap tahun ini sebagai wadah bagi para pelaku seni tradisi di Kota Solok untuk mengembangkan kegiatannya. Tentunya, dengan adanya kegiatan ini masyarakat Kota Solok akan semakin mencintai kesenian Minangkabau.

Adapun tujuan sumarak anak nagari ini untuk meningkatkan apresiasi dan pemahaman tentang budaya daerah, meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap seni tradisi minang, serta menggali seni tradisi yang di Kota Solok.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Solok Reinier, mengatakan, melalui kegiatan sumarak anak nagari, merupakan sebuah aktivitas yang kita berikan dalam rangka menumbuhkembangkan kesenian dan memberikan wadah para pelaku seni Kota Solok untuk senantiasa berkreasi.

Melalui pentas ini, para penggiat wisata melihat komitmen pemko dan DPRD untuk bisa mempersiapkan dan menampilkan potensi yang telah digarap dengan baik guna ‘dijual’ kepada daerah lain. “Pemerintah melihat ini sebagai sebuah proses dan kesempatan kepada masyarakat kota solok untuk mengembangkan salah satu kegiatan di bidang pariwisata dan membuka lapangan kerja,” sebut wawako.

“Tentunya, yang paling berguna dari kegiatan ini ialah akan ada komunikasi antara masyarakat dan pemerintah, sehingga muncul sebuah keyakinan kita bersama untuk menyampaikan aspirasi di tengah masyarakat,” tutup wawako.

Pada kesempatan itu, KPU Kota Solok juga mengadakan sosialisasi bagi pemilih di Kota Solok untuk menyukseskan pemilu serentak bulan April nanti. Selanjutnya, juga diserahkan Piagam penghargaan dari kedubes Republik Indonesia di Thailand atas kontribusi Pemko Solok dalam event 52nd diplomatic red cross bazaar di Kota Bangkok, Thailand. KPU Kota Solok juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemko Solok melalui Dinas Pariwisata Kota Solok atas partisipasinya dalam rangka pelaksanaan sosialisasi pendidikan pemilih pemilu Tahun 2019.

(Fernandez)

Loading...

DomaiNesia

BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...