MAN 3 Tanah Datar Terapkan 5 Program Untuk Menjadi Madrasah Bermartabat

  • Bagikan
Fhoto : Kepala Madrasah MAN 3 Tanah Datar Ardoni Ernanda saat menerima penghargaan tanda jasa dari pemerintah RI. Dengan mewujudkan 5 program Ardoni bertekad mewujudkan MAN 3 sebagai madrasah bermartabat. (Ddy)
Fhoto : Kepala Madrasah MAN 3 Tanah Datar Ardoni Ernanda (kiri) saat menerima penghargaan tanda jasa dari pemerintah RI. Dengan mewujudkan 5 program Ardoni bertekad mewujudkan MAN 3 sebagai madrasah bermartabat. (Ddy)

TANAH DATAR, KABARSUMBAR – Untuk mewujudkan menjadi Madrasah yang bermartabat, keluarga besar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Tanah Datar lakukan rapat evaluasi dengan melahirkan lima program unggulan, Selasa (29/01) kemaren di gedung sekolah itu.

Dengan meningkatkan mutu Program Kurikulum, Kesiswaan, Humas, Sarpras dan program Ketata Usahaan, madrasah itu diharapkan mampu menjadi indentitas madrasah sebagai sekolah madrasah mestinya.

“Kita ingin MAN ini mampu menjadi madsasah yang bermartabat dengan prestasi. Untuk itu kita melibatkan keluarga besar melakukan evaluasi bersama, sehingga melahirkan program yang diprioritaskan untuk mewujudkan sebagai madrasah bermartabat,” ucap Kepala Sekolah MAN 3 Tanah Datar Erdoni Ernanda, Rabu (30/01).

Ardoni juga menyebutkan, dengan melahirkan lima program tersebut ia berharap majelis guru dapat mengintegrasikan materi keagamaan pada seluruh mata pelajaran, seperti tahfidz, pelaksanaan kegiatan kompetensi sains madrasah dan Tadabur Alam dengan Membaca Alquran di Alam Lepas, sehingga dapat mewujudkan tujuan itu.

“Selain meningkatkan mutu pendidikan madrasah, kita juga memberdayakan guru pembina akademik untuk melakukan ‘visit home’ bagi siswa bermasalah. Disini keaktifan guru piket dan guru BK juga lebih diaktifkan,” terang Ardoni yang meraih Kepsek Madrasah Terbaik 2 tingkat Kabupaten itu.

Dengan melaksanakan evaluasi madrasah ini, MAN 3 Tanah Datar yang berada di Batu Bulek, Lintau Buo Utara ini ucap Kepsek Ardoni, bisa mewujudkan Zona Integritas dan Wilayah Reformasi Birokrasi serta Wilayah Bebas Korupsi bagi madrasah yang menjadi kebangaan masyarakat Lintau khususnya.

“Lolosnya 9 orang siswa MAN 3 ini ke SNMPTN 2018 lalu, juga sebagai motifasi kami melakukan evaluasi program kerja. Kedepan Insya Allah madrasah ini akan lebih tertib absensi guru dan siswa. Itu sudah komitmen keluarga besar MAN 3 Tanah Datar,” pungkas Ardoni Arnanda.

Ini prestasi MAN 3 Tanah Datar pada tahun 2018 lalu :

1. Juara 3 Perpustakaan Teladan Tingkat MA se-Kabupaten Tanah Datar.
2. Juara Tergiat 1 Gugus Depan Penegak Tingkat Kwarcab Tanah Datar.
3. Juara 1 KSM Biologi MA tingkat Kabupaten.
4. Juara 1 KSM Ekonomi MA tingkat Kabupaten.
5.Juara 2 KSM Fisika MA tingkat Kabupaten.
6. Juara 3 KSM Qur’an Hadits MA tingkat Kabupaten.
7. Juara 3 KSM Sejarah Islam MA tingkat Kabupaten.
8. Juara 2 Kepala Madrasah (Ardoni Ernanda,M.Ag) Berprestasi tingkat Kabupaten.
9. Juara 2 Guru Madrasah berprestasi (Khairanis, S.Ag, S.Pd) tingkat Kabupaten.
10. Duta GENRE Kabupaten Tanah Datar.
11. Persentase tertinggi (15,8%) se- SLTA yang diterima Perguruan Tinggi melalui SNMPTN 2018.
12. Penerima Reward Studi Banding Hafiz terbanyak (8 juz) tingkat Kabupaten a.n. Irvan Firdaus. (Ddy)

  • Bagikan