Menpora Ikuti Prosesi Pemakaman Alm. Arifin Panigoro

Menpora Ikuti Prosesi Pemakaman Alm. Arifin Panigoro. Foto: Kemenpora

Jakarta – Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menghadiri prosesi pemakanan alm. Arifin Panigoro di Pasar Minggu, Jakarta Selata, Selasa (8/3). Menpora amali menyampaikan belasungkawa kepada keluarga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) 2019-2024 tersebut.

Arifin Panigoro meninggal pada usia 77 tahun di Mayo Clinic, Rochester, Amerika Serikat (AS) pada pukul 14.45, Minggu (27/2) waktu setempat atau 03.45 WIB, Senin (28/2).

Tiba di rumah duka, keluarga besar menyambut hangat Menpora Amali dan langsung menuju ke tempat jenazah disemayamkan. Kepada keluarga almarhum, Menpora Amali  mengucapkan belasungkawa yang mendalam.

“Saya atas nama pribadi maupun Menteri Pemuda dan Olahraga ikut berduka cita atas wafatnya Bapak Arifin Panigoro. Semoga almarhum mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan  keluarga besar yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” ujar Menpora  Amali

Pada kesempatan tersebut, Menpora Amali pun turut mengikuti prosesi pemakaman  pendiri Medco Group tersebut. Prosesi pemakaman jenazah almarhum berlangsung di tempat pemakaman keluarga di tempat yang sama.

Proses pemakaman dimulai dengan penyerahan jenazah yang diwakili keluarga almarhum Yani Panigoro kepada negara diwakili Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Praktino.

Rangkaian upacara dilakukan mulai dari persemayaman, pemberian hormat terakhir hingga pengantaran jenazah menuju pusara.  Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) dalam prosesi pemakaman ini.

Sesaat setelah jenazah tiba di pusara, terdengar suara lesatan peluru dari senjata laras panjang ke arah udara sebanyak tiga kali menandakan penghormatan terakhir untuk mendiang almarhum Arifin Panigoro.