Nagari Persiapan Ophir Gelar Acara MTQ Ke IX

Pasaman Barat – Sesuai tema Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke IX Kenagarian Ophir “Melalui MTQ ke IX Kenagarian Persiapan Ophir Kita Pererat Silaturrahmi Serta Raih Prestasi yang Gemilang”, kita raih dua makna luar biasa yaitu makna Hablum Minallah dan Hablum Minannas.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto saat menghadiri sekaligus membuka secara resmi MTQ ke IX se Kenagarian Persiapan Ophir, Kamis 14 Maret 2022 malam di halaman Masjid Raya Nurul Iman Ophir, Kecamatan Luhak Nan Duo.

Wabup Risnawanto mengatakan, lomba MTQ yang dilaksanakan disela-sela kesibukan dan rutinitas yang dimiliki dapat membuat masyarakat berkumpul sehingga mempererat tali silaturrahmi dan memperkuat persatuan antar umat muslim.

“Dengan kita kumandangakan ayat-ayat suci Al-Qur’an di Pasbar khususnya di Kenagarian Ophir ini, maka kita telah dapatkan dua makna yang saya sebutkan tadi. Semoga kita senantiasa mendapatkan pahala dari Allah SWT,” ucap Risnawanto.

Ia menambahkan, kegiatan yang dilakukan juga seiring dengan program Pemerintah Daerah Pasaman Barat dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Ia berharap, kegiatan itu dapat ditingkatkan hingga tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional. Sehingga sesuai tema, prestasi gemilang yang diimpikan dapat diraih.

“Ini adalah bagian dari program Pemda dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah swt. Generasi muda merupakan generasi penerus dalam mensyiarkan islam, MTQ ini diharapkan dapat kita laksanakan ke tingkat kabupaten, provinsi dan mudah-mudahan hingga tingkat nasional. Tidak ada salahnya kita mempersiapkan generasi muda kita dalam mengikuti semua lomba. Apabila kita dapat meraih prestasi gemilang tentu akan memberikan kebanggaan buat kita semua,” jelasnya.

Disamping itu, Anggota DPRD Pasbar Subandrio mengatakan peserta lomba pada malam itu adalah generasi muda kebanggaan Pasbar khususnya masyarakat kenagarian Ophir.

“Kita salut, kita dukung, dan kita beri motivasi kepada seluruh anak-anak peserta lomba pada kesempatan ini. Kegiatan ini adalah kegiatan kita bersama, dalam membesarkan asma Allah ini tidak ada yang tidak bisa. Mudah-mudahan kegiatan kita ini dapat melahirkan bibit yang bisa kita banggakan hingga tingkat provinsi bahkan nasional”, ujar Subandrio.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Adam mengucapkan terimakasih atas kehadiran Wabup Risnawanto beserta rombongan dan tamu undangan lainnya. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh donatur yang telah ambil andil dalam terselenggaranya lomba MTQ tersebut.

Ia menambahkan, peserta lomba MTQ ke IX pada malam pembukaan itu berjumlah 63 peserta yang terdiri dari tingkat SD dan tingkat SMP. Lomba diselenggarakan selama 5 hari, mulai 14 hingga 18 April 2022.

“Peserta lomba kita terdiri dari 2 tingkatan, yaitu tingkat SD dan tingkat SMP. Jumlah yang ikut pada malam ini, sebanyak 63 peserta. Jika seluruh TPA kejorongan mengirim peserta maka ini dipenuhi lebih kurang 100 peserta. Lomba ini kita selenggarakan selama 4 hari mulai 14 hingga 18 April 2022 M atau 13 hingga 17 Ramadhan 1443 H,”terang Adam.

Turut hadir pada pembukaan MTQ, Staf ahli, Kasatpol PP, Kadis Sosial, Perwakilan Kapolres, Perwakilan Baznas Pasbar, Perwakilan Camat, Wali Nagari, jorong, tokoh agama, tokoh masyarakat, dewan juri, peserta lomba dan stakeholder terkait lainnya.

Penulis: Sofyan SahuriEditor: Meliana Gusti