Nyatakan Dukungan Lewat Saluang dan Dendang

TANAH DATAR, KABAR SUMBAR-Masyarakat di Batu Taba, Batipuah Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) meramaikan Basaluang Samalam Suntuk bersama Edriana, Jubir tim BPN Prabowo-Sandi, pukul 22.00 WIB, Jumat (29/3/2019).

Saluang dan dendang selain menghibur masyarakat, mereka mendapat pendidikan politik dari tokoh masyarakat Sumbar itu.

Tokoh masyarakat setempat, Asmardi Sutan Majo Kayo kepada awak media mengatakan, seyogianya masyarakat di Batu Taba membutuhkan sentuhan agar produksi pertanian masyarakat berkembang.

Ia menilai saat ini pertumbuhan ekonomi di daerah bidang pertanian sangat minim. Berharap ada pembaruan, baik itu di tangan Prabowo-Sandi, capres dan cawapres.

Asmardi menambahkan, dari pendapat serta visi dan misi yang disampaikan Edriana, termasuk mengemukakan program Prabowo-Sandi. Masyarakat di Batu Taba memberikan dukungan terhadap capres dan cawapres nomor urut 02 dan Edriana, Caleg DPR RI Nomor Urut 3 dari Partai Gerindra.

“Kami berharap kepada kader Gerindra (Edriana-red) untuk melakukan perubahan pada roda pemerintahan berikutnya, kami dari Kenagarian Batu Taba untuk memilih Edriana, berikut capres Prabowo,” tegas Asmardi.

Sementara Wali Nagari Batu Taba, Detri Yanto menyampaikan, sebagai pemerintahan di nagari. Pihaknya selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait sosialisasi pemilu, demikian pula dengan imbaun dari para caleg dari semua tingkatan.

“Kami sangat menyambut hangat sosialisasi yang dilaksanakan malam tadi, dan apalagi sosialisasi itu diringi dengan seni tradisi basaluang dan dendang,” ungkapnya.

Detri juga menyampaikan terima kasih kepada Edriana, telah menyambangi kenagarian batu taba. Ia tidak hanya datang sebagai caleg, tetapi hadir sebagai bundo dengan menghidupkan suasana diskusi bersama datuak, alim-ulama, pemuda, serta bundo kanduang yang hadir di malam Basaluang Samalam Suntuak.

Pada kesempatan itu pula, para bundo kanduang di Batu Taba memakaikan baju adat dan tingkuluak tanduak kepada Edriana, serta memberikan cinderamata langsung ke tangan aktivis perempuan di nasional dari Tanjuang Pandai Sikek, Tanah Datar.

Jubir tim BPN Prabowo-Sandi Edriana, mengatakan bahwasanya, telah terjadi pergeseran dalam kehidupan bermasyarakat di daerah. Salah satunya seni tradisi saluang dan dendang, seakan tergilas oleh global. Itu pun jarang diminati para generasi muda dan lebih menyukai seni keseniaan barat.

“Saya sangat apresiasi dan kita patut berikan kebanggan kepada mereka yang masih menjadi pelaku seni basaluang dan dendang di daerah kita,” ungkapnya.

Ia pun berterima kasih kepada masyarakat setempat yang akan ramai-ramai ke TPS untuk menyukseskan pemilu, 17 April mendatang.

Serta menyatakan dukungan dan pilihannya kepada capres dan cawapres serta caleg dari Partai Gerindra, baik caleg tingkat kabupaten/provinsi dan pusat serta DPD.

[kabarsumbar]

Loading...

DomaiNesia

BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...