Pacu Kuda Tradisional Basilanja Kembali Dihelat di Kota Solok

Kota Solok – Kali kedua, iven Pacu Kuda Basilanja dihelat di Kota Solok. Pacu Kuda tradisional terbuka putaran II ini rencananya akan dilaksanakan pada 5 hingga 6 Mei 2018, mendatang.

“Pacu kuda selama dua hari kita adakan di gelanggang pacuan Ampang Kualo, juga merupakan putaran ke VII dari kalender Pordasi Sumbar 2017/2018,” kata Kepala Bagian Humas Kota Solok, Nurzal Gustim di Solok, Senin (30/4/2018) saat memberikan keterangan pers terkait kegiatan tersebut.

Nurzal menjelaskan, ada sekitar 38 kuda yang akan ikut berpacu dari berbagai daerah seperti Solok, Batu Sangkar, Sawahlunto, Payakumbuh, Bukittinggi, Agam, Padang Panjang, Padang Pariaman, Padang hingga Aceh.

Rencananya, hari pertama akan dipertandingkan 11 kelas, kemudian hari selanjutnya ada 13 kelas juga yang akan dipertandingkan sebagai penutup iven pada gelanggang Pacu Kuda Ampang Kualo.

“Pada pembukaan mendatang akan ada berbagai penampilan seni dan budaya untuk mendukung acara,” jelasnya.

Nurzal berharap pacuan kuda dengan tema ‘Basilanja Alam Bareh Solok 2018’ dapat meningkatkan kunjungan wisata dan antusias masyarakat daerah lainnya ke Kota Solok.

“Kita akan rutin mengadakan lomba Pacu kuda tradisional ini, sehingga Kota Solok makin dikenal dan menjadi tujuan wisata dengan even ini,”
Apalagi, masyarakat yang menonton acara ini tidak dipungut biaya alias gratis,” katanya.

[Fernandez]