PAN Resmi Usulkan Ekos Albar Jadi Wawako Padang

Kader DPP PAN, Ekos Albar. Foto : Istimewa

Padang – Kader Partai Amanat Nasional (PAN) Ekos Albar resmi diusulkan partainya untuk menduduki kursi Wawako Padang.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN menetapkan usulan Ekos Albar menjadi calon Wakil Wali Kota (Wawako) Padang mendampingi Hendri Septa.

Ketua DPW PAN Sumbar Indra dt Rajo Lelo menyebutkan, keputusan itu sudah keluar dari DPP PAN Pusat berdasarkan usulan yang diberikan oleh pihaknya.

“Kita sudah ajukan dua nama ke pusat, Ekos Albar dan Amril Amin. Kemudian, DPP PAN memilih Ekos Albar,” kata Indra di Padang, Senin (7/2).

Dia menjelaskan, jika keputusan itu tertuang dalam surat PAN/A/KU-SJ/132/I/2022 tentang Persetujuan Nama Calon Wawako Padang dari PAN pada tanggal 31 Januari 2022 lalu.

“Surat ini merupakan balasan dari surat kami (DPW) PAN Sumbar bernomor PAN/A/04/K-S/52/VIII/2022 tertanggal 14 Agustus 2021 terkait bakal calon Walikota Padang,” jelas Indra.

Selanjutnya, untuk pemilihan dan penetapannya sendiri, pihaknya akan mengusulkan terhadap partai pengusung, yakni PAN dan PKS.

“Kemudian nanti akan dipilih oleh DPRD Kota Padang untuk yang mengisi kekosongan dari kursi Wawako Padang tersebut,” kata Indra.

Kursi Wawako Padang sendiri sudah hampir satu tahun kosong, tepatnya sejak Mahyeldi Ansarullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar pada 25 Februari 2021 lalu.

Alhasil, Hendri Septa yang dulunya merupakan Wawako Padang mendampingi Mahyeldi, naik tingkat menjadi orang nomor satu di Kota Padang tersebut. 

Sejak itu, kursi Wawako Padang pun kosong, dan kedua partai pengusung yakni PKS dan PAN bersikukuh untuk mengusulkan masing-masing calon mereka.