Pemkab Agam Ajak Masyarakat Meriahkan Tour de Singkarak 2017

Ilustrasi. Etape 6 Tour de Singkarak 2014. Foto : Merdeka
Ilustrasi. Etape 6 Tour de Singkarak 2014. Foto : Merdeka
Ilustrasi. Etape 6 Tour de Singkarak 2014. Foto : Merdeka
Ilustrasi. Etape 6 Tour de Singkarak 2014. Foto : Merdeka

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam melakukan pembenahan dalam menyambut gelaran iven berskala Internasional, Tour de Singkarak (TdS) tahun 2017. Kabupaten Agam sendiri nantinya akan hadir pada jalur etape ke- 8, tepatnya 25 November 2017.

“Dalam event akbar ini, kita dipercayai sebagai daerah start TdS pada etape ke-8. Tentu ini sebuah kepercayaan dan amanah yang harus kita laksanakan dengan maksimal,” kata Kepala Disparpora Kabupaten Agam, Jetson, Jumat (13/10/2017).

Jetson menjelaskan, persiapan yang tengah dilakukan pihaknya meliputi pengecekan kondisi jalan yang akan dilintasi para pembalap nanti, termasuk menggelar rapat koordinasi dengan seluruh pihak terkait agar iven tersebut bisa terlaksana dengan baik.

“Hanya saja kondisi saat ini masih ada beberapa ruas jalan yang masih amblas di Kelok 44, tepatnya pada kelok 5 dan kelok 13. Tapi kita sudah koordinasikan dengan pihak PU provinsi, katanya dalam bulan ini perbaikannya bisa diselesaikan,” jelas Jetson.

Soal iven akbar ini, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk memeriahkannya. Hal itu bisa dilakukan seperti melalui pemasangan umbul-umbul didepan rumah, memberikan semangat dan tepukan tangan ketika para pebalap melintasi jalan dekat rumah.

“Kapan perlu kita tampilkan kesenian daerah, seperti tambua tansa untuk memberikan semangatnya. Agar ada semacam kerinduan bagi para pebalap ketika melintasi Kabupaten Agam. Dengan begitu mereka pun akan rindu sering berkunjung ke Agam,” pungkas Jetson.