Pemkab Solok Rayakan Hari Jadi ke-109

Solok Arosuka – Sambut hari jadi Kabupaten Solok yang ke-109, Masyarakat Kab Solok disuguhi dengan acara Festival 5 Danau dan makan bajamba sesuai dengan tradisi masyarakat Kabupaten Solok

Ketua panitia Edisar menyebutkan, latar belakang kegiatan ini adalah event yang rutin di agendakan Pemkab Solok. Event ini diangkat sebagai gambaran besarnya potensi alam dan wisata di Kabupaten Solok dengan bentangan 5 danau yang terhampar luas.

Edisar menyebutkan, Kegiatan ini mengusung tema “Kabupaten Solok Bersatu, Bangkit dan Tumbuh,” dengan dasarnya Perda no 2 tahun 2009 tentang penetapan hari jadi Kabupaten Solok.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Solok ke 109. Kegiatan ini bersifat kebudayaan dan hiburan yang dibuka di Dermaga Singkarak dan di tutup di THKW tanggal 30 maret 2022, ujar Edisar.

Hadir pada perayaan hari jadi Kab Solok tersebut, Bupati Solok H.Epyardi Asda, M.Mar, DPRD Kabupaten Solok, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, S.IK, Dandim 0309/Solok Letkol Arm Hendrik Setiawan, SE, serta jajaran Pejabat dan pegawai di Lingkungan Pemerintah setempat, Camat, Wali Nagari, Tokoh Adat dan Bundo Kanduang se-Kabupaten Solok

Semaraknya makan bajamba yang berasal dari 74 Nagari dan dikumpul menjadi satu di arena Pasanggrahan Danau Singkarak, juga di warnai dengan musik dan tari tradisional Kabupaten Solok, arena Pasanggrahan Danau Singkarak dibanjiri oleh jamba yang berisikan beragam masakan tradisional dari hasil bumi masyarakat Kabupaten Solok.

Bupati Solok H.Epyardi Asda yang hadir saat itu mengungkapkan rasa bangganya dengan antusias masyarakat dalam memeriahkan hari jadi Kabupaten Solok yang dilaksanakan setiap tahunnya, namun tahun ini perayaannya sungguh berbeda sekali.

Kenapa tidak, Pesanggrahan Danau Singkarak dipenuhi oleh jamba yang dikumpulkan oleh masyarakat dari berbagai Nagari, dan hal ini baru terjadi pertama kali dilaksanakan oleh masyarakat Kab Solok, terang Bupati.

Dengan antusias dari masyarakat tersebut, Bupati optimis mensukseskan visi misi ‘Mambangkik Batang Tarandam’ menjadikan Kabupaten Solok sebaqai Kabupaten terbaik di Sumatera Barat, hal ini merupakan momentum dari awal kebangkitan Kab Solok, ungkap Epyardi.

“Dengan berkumpulnya ribuan masyarakat di tempat ini, hal ini membuktikan bahwa semangat kebersamaan di daerah kita masih tinggi. Saya berjanji akan melakukan apapun Demi kemajuan Kabupaten Solok.”ujar Bupati

Diungkapkan Bupati, dengan Gebyar Semarak peringatan hari jadi Kabupaten Solok tahun ini, dia berharap akan lebih mengenalkan potensi pariwisata dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Solok.

Dengan memiliki lima danau, Kabupaten Solok akan dilirik dan diperhitungkan di tingkat Sumatera Barat bahkan tingkat Nasional nantinya, terang Bupati Solok.