Pemkab Tanah Datar Siap Dukung Status Baru IAIN Batusangkar

  • Bagikan
Foto : internet

Tanah Datar – Pemerintah Kabupaten Tanah Datar siap mendukung peningkatan status IAIN Batusangkar menjadi UIN (Universitas Islam Negeri) yang akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Tanah Datar, sebab kabupaten dengan julukan Luhak nan Tuo ini akan memiliki perguruan tinggi negeri selevel universitas.

Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian menyampaikan hal tersebut di ruang kerjanya pada saat menerima kunjungan Rektor IAIN Batusangkar beserta rombongan pada hari Senin, 22 Maret 2021.

Ia juga menambahkan, bahwasanya dengan peningkatan tersebut, ia berharap akan juga sejalan dengan meningkatnya minat generasi muda untuk melanjutkan pendidikan di kampus tersebut, tentunya dengan alih status ini akan dapat menjadikan Kabupaten Tanah Datar sebagai pusat pendidikan di Provinsi Sumatra Barat.

Dilihat dari lokasi letaknya Kabupaten Tanah Datar yang berada di tengah-tengah ini, menjadikan letaknya yang strategis yang tentunya mudah dijangkau. Selain itu, dilihat sejarah dahulunya faerah tersebut juga menjadi salah satu pusat Pendidikan Sumbar. Hal ini ditandai dengan hadirnya perguruan tinggi di Batusangkar yang bernama PTPG.

Untuk diketahui, PTPG sendiri merupakan cikal bakal dari lahirnya IKIP Padang yang kemudian di kenal dengan Universitas Negeri Padang saat ini.

Wakil Bupati Tanah Datar ini juga mengungkapkan pada saat ini keberadaan IAIN Batusangkar sebagai perguruan tinggi negeri sangat besar membawa manfaat. Tidak hanya dalam bidang Pendidikan namun, juga berimbas pada kehidupan ekonomi masyarakat sekitar.

Sebelumnya, Pemerintah juga telah mendukung IAIN Batusangkar untuk melakukan perkuliahan tatap muka di semester genap ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat yang bertujuan untuk menggerakkan kembali perekonomian masyarakat sekitar yang terhenti akibat pandemi Covid-19.

Kedatangan petinggi IAIN Batusangkar tersebut ke kantor wakil Bupati Tanah Datar ialah untuk bersilaturahmi serta menyampaikan agenda dan rencana besar kedepan terutama terkait alih status menjadi UIN serta rencana kedatangan tim asesmen Kementerian Agama pada 26-27 Maret 20201 yang sampaikan langsung oleh Rektor IAIN Batusangkar, Marjoni Imamora, dan didampingi oleh Wakil Rektor 1, 2, dan 3.

Selain itu, ia mengungkapkan bahawasanya IAIN Batusangkar siap bekerja sama dan juga mendukung program dari Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, yang telah dilaksanakan oleh IAIN batusangakar salah satunya menerima mahasiswa baru dari jalur khusus yakninya jalur tahfiz yang akan tetap dilanjutkan pada masa pemerintahan yang baru ini.

  • Bagikan