Posludes Desa Naras I Pariaman Terbentuk

Pembentukan Posludes (Posko Penyuluhan Desa) Desa Naras I Kota Pariaman, Selasa (9/1/2018).
Pembentukan Posludes (Posko Penyuluhan Desa) Desa Naras I Kota Pariaman, Selasa (9/1/2018). Foto : Rizki Pratama
Pembentukan Posludes (Posko Penyuluhan Desa) Desa Naras I Kota Pariaman, Selasa (9/1/2018).
Pembentukan Posludes (Posko Penyuluhan Desa) Desa Naras I Kota Pariaman, Selasa (9/1/2018). Foto : Rizki Pratama

Posludes (Posko Penyuluhan Desa) merupakan program terbaru di Kota Pariaman dan diperkenalkan oleh Dinas terkait ke desa yang ada. Salah satunya, Selasa (9/1/2018) pukul 13.00 WIB, diperkenalkan di Desa Naras I dan langsung bentuk kepengurusan inti.

Koordinator BPP Kecamatan Pariaman Utara, Ilham menuturkan, sekarang pembentukan Posludes untuk desa Naras 1. “Dengan terbentuknya Posludes Desa terjadi desimilasi teknologi dengan Dinas pertanian ke Kelompok Tani yang selama ini belum tersentuh seluruhnya maka di bentuklah Poludes 71 Desa se Kota Pariaman,” kata Ilham.

Ilham menambahkan, pembentukan Posludes di Kecamatan Utara Desa Naras I merupakan yang kedua setelah Desa Cubadak Aie Utara. Direncanakan, ketiga rencananya di Sikapak Barat.

“Tujuan Posludes ini untuk menampung aspirasi petani di tingkat desa dan kita berharap auputnya tersusun program penyuluhan pertanian di tingkat desa, dan adanya solusi di setiap permasalahan yang ada di Desa Naras 1 melalui Posludes ini,” jelas Ilham.

“Posludes tidak hanya diisi oleh orang-orang dari pertanian tetapi terdiri dari berbagai elemen seperti mahasiswa dan anak muda yang berpotensi yang selama ini potensinya belum tergali dan penggiat petani meskipun tidak terjun langsung di dalam pertanian ini sangat bagus sekali didalam mengelola Posludes,” lanjut ilham.

Menurutnya, jika dulu Pemerintah melakosikan dana Desa 70 fisik dan 30 pemberdayaan sekarang kebalik 70 pemberdayaan serta 30 fisik diharapkan desa Naras 1 dapat mengotimalkan untuk pemberdayaan masyarakat Desa. “Khususnya membuat program pertanian untuk menggaet dana dari anggaran desa tersebut nanti akan diatur didalam Perwako,” jelas Ilham.

Dengan terbentuknya kepengurusan inti Posludes yang diketuai Asman, Seketaris Rizki dan Bendahara Rusianti, diharapkan dapat bekerja dengan maksimal dan memilih seksi-seksinya yang berpotensial serta dapat diisi oleh anak muda Desa Naras.

“Sebagai Penyuluh tugas kami hanya sebagai membina, meluruskan, berkalaborasi dengan pengurus dan kelompok-kelompok tani dan harapan di Posludes muncul penyuluh-penyuluh swadaya, dan masyratakat yang memiliki pengetauhuan tentang pertanian dengan adanya program ini tergali hendaknya kemampuannya seperti ada mahasiswa Desa Naras 1 yang kuliah pertanian ini bisa membantu didalam kemajuan Posludes,” pungkasnya.

[Rizki Pratama]