Rombongan Istri Komisaris dan Direktur Bank Nagari se Sumatera Kunjungi Galeri IKM Pessel

Rombongan Istri Komisaris dan Direktur Bank Nagari se Sumatera Kunjungi Galeri IKM Pessel

Pesisir Selatan – Galeri Industri Kecil Menengah (IKM) Pesisir Selatan pada Kamis 13 Januari 2022 sore mendapat kunjungan dari Istri Komisaris dan Direktur Bank Nagari se Sumatera. Rombongan memenuhi ruang galeri yang terletak di sisi kiri Kantor Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Pesisir Selatan, di Jalan. H. Agus Salim, Kota Painan.

Galeri IKM yang baru berdiri selama 1 (satu) bulan ini telah menerima banyak kunjungan wisatawan dan tamu dari lingkup kedinasan Pesisir Selatan. Masyarakat setempat juga sudah mulai berdatangan ke galeri karena ingin tahu, sekaligus berbelanja.

Ketua Asosiasi IKM Pessel Okvina Juita menyatakan bahwa Galeri IKM Pessel dipercayakan pengelolaannya kepada asosiasi yang baru dibentuk pada pertengahan Desember 2021. Dipaparkannya bahwa Galeri IKM adalah unit usaha yang menjadi titik terdepan promosi dan penjualan produk-produk IKM Pesisir Selatan. Aneka macam produk khas Pesisir Selatan terpajang di galeri. Tidak hanya produk kuliner, produk fashion dan kriya juga tersedia memanjakan pengunjung.

Saat ini sudah bergabung sebanyak 30 brand produk Pesisir Selatan baik pangan olahan, sandang maupun kriya. Seluruh IKM Pesisir Selatan dihimbau untuk bergabung menjadi anggota asosiasi dan berkesempatan mengisi Galeri IKM. Untuk mengisi galeri, ada beberapa kriteria di antaranya adalah telah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB), PIRT serta dikemas dengan baik. Saat ini fokus utama masih produk yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Pesisir Selatan, karena itu kemasan harus menarik dan berkualitas baik, mewakili citra Pesisir Selatan.

Vina menambahkan bahwa tidak hanya fokus pada Galeri IKM saja, ke depannya Asosiasi IKM merancang program-program yang dibutuhkan untuk pengembangan IKM Pesisir Selatan, salah satunya program “Inkubasi IKM”, yang bertujuan untuk memberikan pendampingan dan bimbingan terstruktur selama periode tertentu kepada anggota IKM terpilih yang dinilai layak untuk didampingi.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Dinas Perdagangan dan Transmigrasi, Mimi Riarty Zainul, SE. MSi menyatakan bahwa Pengelolaan Galeri IKM Pessel oleh Asosiasi IKM Pessel diikat oleh perjanjian kerjasama kemitraan di mana Dinas Perdagangan dan Transmigrasi menyerahkan sepenuhnya pengelolaan galeri kepada Asosiasi. Asosiasi diharapkan menjadi perpanjangan tangan Dinas Perdagangan dan Transmigrasi untuk merangkul dan membina industri kecil menengah di Pesisir Selatan yang menurut data saat ini lebih dari 3000 (tiga ribu) pelaku usaha.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.