SBMPTN Sumbar, 42.316 Peserta Berebut Kursi Di Tiga PTN

Ilustrasi ujian foto
Ilustrasi. Foto : MalangToday

Ilustrasi ujian foto

Ilustrasi. Foto : MalangTodayPadang – Pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) lokal 17 di Sumatera Barat, tercatat ada 42.316 peserta yang melaksanaan ujian tersebut.

Puluan ribu peserta itu akan berebut untuk mengisi 14 ribuan kursi mahasiswa pada tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Sumatera Barat, diantaranya, Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang dan Institut Seni Indonesia Padang Panjang.

Ketua Panitia Lokal 17 (Sumbar), Dachriyanus mengatakan dalam ujian SBMPTN 2018, lokasi yang digunakan panitia terdiri dari 2.067 lokal di Kota Padang.

“Lokal-lokal tersebut berada di sekolah-sekolah, Unand, UNP dan gedung swasta lain. Sedangkan untuk ujian komputer akan digelar setelah ujian tulis dan menggunakan 50 lokal,” katanya di Padang.

Ia menambahkan, untuk pengamanan sendiri, pihaknya melibatkan aparat kepolisian. “Kita sudah koordinasi dengan aparat kepolisian untuk pengamanan selama ujian,” terangnya.

Ia memaparkan, jika daya tampung untuk tiga PTN di Sumatera Barat itu tidak jauh berbeda dengan tahun 2017.

Universitas Andalas memberikan kuota 5.500 kursi, kemudian Universitas Negeri Padang 8.001 kursi dan ISI Padang Panjang 1.100 kursi.

“Tidak ditingkatkannya jumlah daya tampung, dikarenakan adanya keterbatasan sarana maupun dosen yang mengajar,” katanya.

Selain itu, Dachriyanus menyebut, pelaksanaan SBMPTN 2018, terdapat 10 peserta merupakan penyandang disabilitas. “Enam ujian di Unand, kemudian empatnya lagi di UNP,” jelasnya.

Bagi penyandang disabilitas, panitia memberikan pelayanan khusus dibandingkan peserta lainnya, karena faktor keterbatasannya masing-masing.

“Seperti untuk yang buta, mereka akan mendapat pemandu yang membacakan soal dan yang mengisi lembar jawaban,” pungkasnya.