Sekda Asnel: Generasi Muda Harus Paham Persoalan Bangsa Hari Ini

  • Bagikan

PADANG, KABARSUMBAR – Semakin menepisnya rasa berbangsa dan bernegara akhir-akhir ini sudah sangat mengkhawatirkan. Persoalan ini akan menjadi pemicu terjadinya disintegrasi bangsa. Untuk itu, generasi muda harus meningkatkan wawasan kebangsaan dengan memahami persoalan bangsa hari ini.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Kota Padang, Asnel, setelah membuka acara Forum Pemantapan Wawasan Kebangsaan di Aula Bagindo Aziz Chan Balaikota Padang, Aie Pacah, Senin (12/11/2018). Acara tersebut diselenggarakan selama empat hari (12-15 November) dan diikuti sebanyak 900 orang peserta yang berasal dari aparatur pemerintah, LSM, OKP, LPM dan RW se-Kota Padang.

Lebih lanjut dijelaskan, menggali wawasan kebangsaan sangat penting untuk dilakukan demi meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Dan menumbuhkan rasa memiliki serta kecintaan kepada tanah air.

Baca Juga :  Korban Politik, 3 KK di Solok Diusir dari Kontrakan

“Kemerdekaan bangsa ini diraih dari hasil perjuangan yang tidak mudah dan gampang. Butuh pengorbanan, darah dan air mata. Kita, terutama generasi muda harus paham hal itu. Mari bersama kita bangun bangsa ini”, ujar Asnel.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesbangpol Kota Padang, Mursalim, mengatakan, digelarnya acara Forum Pemantapan Wawasan Kebangsaan untuk mengembangkan kesadaran dan semangat kebersamaan dalam membangun bangsa. Menyadari dan menghargai pluralitas dalam membangun bangsa, sehingga bisa menjadi bangsa yang tangguh serta meningkatkan sikap waspada terhadap berbagai ancaman bangsa dan negara.

Acara tersebut diadakan dalam bentuk ceramah dan diskusi dengan materi, antara lain: Wawasan Kebangsaan Dalam Meningkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Wawasan Kebangsaan Ditinjau Dari Aspek Ipoleksosbudhankam, Wawasan Kebangsaan Ditinjau Dari Aspek Ketahanan Nasional.

Baca Juga :  Dapatkan Dua Gugatan, KPU Sumbar : Pada Prinsipnya KPU Siap Hadapi

Selanjutnya, Menjaga Kearifan Lokal Dalam Merajut Persatuan dan Pemantapan Ideologi Pancasila sebagai Wawasan Berbangsa Di Era-Globalisasi. Dengan narasumber dari BIN Kota Padang, Dandim 0312/Padang, FKUB Provinsi Sumatera Barat dan akademisi FISIP Unand.

[Putri Caprita]

  • Bagikan