Sempat Terhenti, 2021 Dua Kereta Api Tujuan BIM Kembali Beroperasi

  • Bagikan
Foto : internet

Padang – PT KAI Divre II Sumatera Barat (Sumbar) mulai tanggal 1 Januari 2021 kembali mengaktifkan dua kereta api tujuan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) yang sempat dihentikan pada bulan April 2020 karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kereta api Minangkabau Ekspress tujuan Padang-BIM dan sebaliknya serta KA Lembah Anai tujuan Kayu Tanam-BIM dan sebaliknya dengan tipe railbus.

Setiap harinya kereta tersebut akan melayani 12 perjalanan dengan harga tiket Rp10.000 dan KA Lembah Anai sebanyak 6 perjalanan dengan harga tiket Rp3000.

“Mulai Januari 2021 pilihan transportasi kereta api bagi masyarakat Sumatera Barat semakin bertambah demgan dioperasikannya kembali KA Minangkabau Ekspres dan KA Lembah Anai” ungkap Humas PT KAI Divre II Sumbar Ujang Rusen Permana pada Kamis, 31 Desember 2020.

Pengoperasian kembali kedua kereta api itu dilakukan PT KAI Divre II Sumbar menindaklanjuti surat dari Direktorat Jendral Perkeretaapian No.KA.204/B.781/DJKA/2020 perihal Pelaksanaan KA Perintis Tahun Anggaran 2021.

Dengan itu, diharapkan akan semakin menumbuhkan minat masyarakat Sumbar untuk memilih moda transportasi kereta api yang sejak agustus lalu hanya memiliki satu pilihan yaitu KA Lokal Sibinuang tujuan Padang-Pariaman-Naras.

“Bulan Agustus lalu, Divre II telah mengaktifkan KA Lokal Sibinuang rute Padang-Pariaman-Naras.Sehingga pada tahun 2021 akan ada 3 KA yang beroperasi melayani masyarakat Sumatera Barat” ujar Rusen.

Dijelaskan Rusen selain pengaktifan kembali dua kereta api tujuan BIM, pada 1 januari 2021 dengan hanya bisa menggunakan KAI access mulai H-7 keberangkatan untuk pembelian tiket di Divre II Sumbar tersebut.

Untuk loket penjualan langsung hanya melayani pembelian mulai 3 jam sebelum keberangkatan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

  • Bagikan