Status Gunung Marapi Naik ke Siaga, Masyarakat Diminta Waspada

terus-erupsi,-air-sungai-berhulu-dari-gunung-marapi-berubah-warna-coklat
Terus Erupsi, Air Sungai Berhulu dari Gunung Marapi Berubah Warna Coklat

Padang – Status Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar) naik dari Level II Waspada menjadi Level III Siaga, pada Selasa (9/1/2024).

Kenaikan status ini dilakukan karena aktivitas Gunung Marapi terus meningkat.

Kepala Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan mengatakan, dengan status Siaga, maka masyarakat di sekitar, pendaki, pengunjung atau wisatawan agar tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi atau Kawah Verbeek Gunung Marapi.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada terhadap potensi bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan,” kata Hendra dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, masyarakat yang bermukim di sekitar lembah, aliran, bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi juga diminta untuk mewaspadai potensi bahaya lahar.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau untuk menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari gangguan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit.

“Masyarakat juga diminta untuk mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh,” kata Hendra.

Hendra juga meminta masyarakat untuk tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

“Seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong atau hoaks,” kata Hendra.

Masyarakat diharapkan selalu mengikuti arahan dari pemerintah daerah.

“Tingkat aktivitas Marapi akan dievaluasi kembali secara berkala atau jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan,” kata Hendra.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.