Sumarak Pesisir Selatan, Ajang Promosi Seni dan Budaya

PESSEL, KABARSUMBAR – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan menggelar Sumarak Pesisir Selatan di Kenagarian Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu 14 September 2019.

Pembukaan Sumarak Pesisir Selatan bersamaan dengan Pembukaan Pemilihan Duta Budaya Minang Kabupaten Pesisir Selatan Angkatan III Tahun 2019 yang diawali dengan Prosesi Malakok dan Makan Bajamba.

Kegiatan itu dihadiri Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, dan seluruh pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pessel Zulkifli mengatakan bahwa Kegiatan Sumarak Pesisir Selatan Tahun 2019 mengusung tema ‘Siriah pulang ka gagangnyo, pinang suruik ka tampuaknyo’.

Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari dimulai pada Jum’at 13 September 2019 dan berakhir pada Senin 16 September 2019.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan Sumarak Pesisir Selatan ini agar seluruh ragam seni budaya Kabupaten Pesisir Selatan dapat dipromosikan selain keindahan alamnya untuk berwisata,” katanya.

Zulkifli menambahkan selain itu juga sebagai sarana pembinaan bagi generasi muda untuk terus melestarikan, dan mengembangkan nilai-nilai budaya secara turun termurun.

Sebagaimana diketahui kegiatan Sumarak Pesisir Selatan diawali dengan Pemilihan Duta Budaya Kabupaten Pesisir Selatan, Festival Randai, Lomba Lagu Minang, dan Lomba Tari Kreasi, dan Pawai Budaya.

“Dengan adanya kegiatan Sumarak Pesisir Selatan ini diharapkan masyarakat benar-benar merasa memiliki dan dapat menjaga serta melestarikan budaya lokal yang ada, sehingga besar kemungkinan terbukannya kesempatan agar tradisi dan kearifan lokal tersebut diakui dan ditetapkan sebagai bagian pusaka budaya Indonesia kedepan,” pungkasnya.

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...