Survei Mudik Lebaran, Pesawat Udara Jadi Pilihan Terbanyak Responden Traveloka

Public Relations Director Traveloka, Sufintri Rahayu
Public Relations Director Traveloka, Sufintri Rahayu. Foto : Istimewa
Public Relations Director Traveloka, Sufintri Rahayu
Public Relations Director Traveloka, Sufintri Rahayu. Foto : Istimewa

JAKARTA, KABARSUMBAR – Traveloka menggelar survei dengan melibatkan 1.311 responden untuk melihat perilaku konsumen selama Ramadan dan Lebaran tahun 2018. Hasilnya, moda transportasi udara tercatat paling banyak digunakan konsumen untuk melakukan perjalanan mudik lebaran dengan tingkat keterpilihan, 60 persen responden.

Public Relations Director Traveloka, Sufintri Rahayu mengungkapkan, Traveloka memahami pentingnya momen saat ini dengan selalu berkomitmen untuk memberikan kemudahan akses ke berbagai produk perjalanan maupun gaya hidup.

“Dengan memanfaatkan produk dan layanan di Traveloka, kami ingin membantu pengguna untuk mewujudkan momen silaturahmi mereka. Memasuki bulan Ramadan dan libur Lebaran, kami melakukan survei terhadap 1.311 pengguna Traveloka dan memahami beberapa perilaku konsumen yang dilakukan selama bulan Ramadan serta saat mempersiapkan perjalanan liburan Lebaran,” kata Sufintri dalam keterangan pers yang diterima Kabarsumbar.

Berdasarkan data tersebut, 60 persen responden masih memilih moda transportasi pesawat untuk melakukan perjalanan mudik atau liburan, diikuti dengan 12 persen untuk kereta api dan 2 persen untuk bus.

“Untuk tujuan favorit, Traveloka mencatat bahwa Surabaya, Medan, dan Makassar menjadi tiga kota destinasi populer untuk melakukan perjalanan mudik. Data juga menunjukkan bahwa 62 persen responden melakukan perjalanan mudik bersama keluarganya,” jelas Sufintri.

Selain itu, dalam survei itu juga tercatat perilaku konsumen selama bulan suci Ramadan. Dimana, 50 persen responden cenderung menghabiskan waktunya untuk menonton film ketika menunggu waktu berbuka puasa (ngabuburit).

“Selain berbuka puasa di rumah, restoran dan kafe menjadi tempat favorit bagi 41 persen responden untuk mengadakan acara berbuka puasa bersama,” kata Sufintri.

Sementara itu, untuk memudahkan perjalanan mudik, Traveloka juga menganjurkan pengguna untuk memanfaatkan fitur ‘Price Alerts’ yang ada pada Traveloka

Fitur ini akan membantu pengguna mendapatkan tiket pesawat dengan harga termurah sesuai tanggal keberangkatan dan destinasi yang diinginkan. Traveloka juga menawarkan berbagai alternatif untuk pengguna yang akan melakukan perjalanan mudik bulan, seperti Kereta Lanjutan.

“Layanan ini memungkinkan penumpang untuk mencapai kota tujuan yang rutenya tidak memiliki akses kereta langsung. Kereta Lanjutan akan membawa penumpang dari stasiun asal ke stasiun transit, dan dari stasiun transit ke stasiun tujuan akhir,” ujar Sufintri.