Syekh Sulaiman Ar-Rasuli ‘Inyiak Canduang’ Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Padang – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengapresiasi keberadaan Tarbiyah-Perti, salah satu ormas Islam besar di Indonesia yang asal mula berdirinya di Sumatera Barat, begitu juga dengan pendirinya.

Hal ini disampaikannya saat membuka acara Webinar Tarbiyah-Perti dalam rangka HUT RI ke-75 dan haul (hari wafatnya) ulama Syekh Sulaiman Ar-Rasuli ke-50, Sabtu (22/8).

“Tentunya ini menjadi aset dari Sumatera Barat dan kebanggan bagi kita, karena kita di Provinsi Sumatera Barat dapat berkontribusi di pentas nasional, melakukan perjuangan pergerakan dakwah dalam bidang pendidikan, budaya dan sosial kepada umat dan masyarakat Indonesia”, ujar Irwan.

Syeikh Sulaiman Ar-Rasuli merupakan ulama besar dari Sumatera Barat dan pendiri Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Canduang, yang kemudian membuatnya dikenal sebagai Inyiak Canduang.

Irwan mengaku bangga dengan pengusulan Inyiak Canduang menjadi Pahlawan Nasional, sehingga menambah deretan tokoh dari Sumatera Barat menjadi Pahlawan Nasional.

“Sumatera Barat secara presentasi terbanyak se-Indonesia yang sudah menyumbangkan tokoh minang menjadi tokoh Nasional. Sudah 15 (lima belas) tokoh nasional dari Sumatera Barat yang menjadi Pahlawan Nasional,” ujarnya.

Irwan menilai, Syeikh Sulaiman Ar-Rasuli tokoh besar dari Sumatera Barat, melihat kiprahnya dan perjuangan pengorbanannya sudah layak diberikan anugerah Pahlawan Nasional.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat selalu semangat dan mendukung penuh prosedur yang harus dilalui untuk pengusulan Syekh Sulaiman Ar-Rasuli menjadi Pahlawan Nasional.

“Saat ini proses sudah berada di Kementrian Sosial. Mudah-mudahan tahun depan sudah dikukuhkan menjadi Pahlawan Nasional,” kata Irwan.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...