Tahun 2018, BPS Kota Pariaman Targetkan Peningkatan Kualitas Data

Badan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik
Badan Pusat Stastik Kota Pariaman bersama para mitra sensus.
Badan Pusat Stastik Kota Pariaman bersama para mitra sensus. Foto : Rizki Pratama

Kota Pariaman – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pariaman berjanji akan terus memberikan data secara akurat dan terpercaya, guna memberikan informasi yang realtime (terkini) bagi masyarakat.

Kepala BPS Kota Pariaman, Muhammad Hudaya menyebutkan, jika pada tahun 2018 merupakan tantangan baru bagi pihaknya untuk meningkatkan kualitas data yang disajikan termasuk untuk mempertahankan sebagai salah satu BPS terbaik di Sumatera Barat.

“Penghargaan sebagai BPS terbaik tak luput dari kerja keras dan kerjasama BPS dengan para mitra yang selalu bekersama dan membantu setiap kegiatan yang dilakukan, para mitra sudah lama bersama kita semenjak tahun 2010 jadi sudah menjadi keluarga besar BPS Kota Pariaman,” kata Hudaya di Kantor BPS Kota Pariaman, Senin (27/11/2017).

Hudaya menambahkan, para mitra berasal dari berbagai golongan, seperti penyiar radio, wirausaha, ibu rumah tangga dan masih berbagai macam lainnya. Dikatakannya, setiap harinya kantor BPS selalu ramai dikunjungi oleh para mitra.

“Jika ingin berkunjung ke Kantor BPS, silahkan. Setiap hari, disini selalu ramai,” katanya.

Selain itu, dikatakan Hudaya, BPS sendiri baru saja menyelesaikan Sensus Ekonomi lanjutan UMK (Usaha Mikro Kecil) dan UMB (Usaha Menengah Besar) tahun 2017. Sensus itu sendiri dilaksanakan pada Agustus hingga September 2017 dengan perbaikan data hingga Oktober 2017.

Dijelaskan Hudaya, BPS kota pariaman merupakan salah satu BPS terbaik di Sumatera Barat. “Sensus Ekonomi 2016, BPS pariaman mendapatkan urutan pertama sebagai BPS terbaik di Sumatera Barat dalam menyajikan data untuk Negeri,” kata Hudaya.

Sementara itu, Hudaya mengharapkan, tahun 2017, BPS Kota Pariaman juga masuk dalam nominasi sebagai BPS terbaik di Sumatera Barat.

“Semoga mendapatkan urutan pertama, pada tahun 2018 BPS juga akan menyajikan data yaitu Survei Gabah, Sout Hortikultura dan sensus lainnya,” harap Hudaya.

[Rizki Pratama]